Dukung Penuh Untuk Pabrik Semen Indarung l Jadi Warisan Budaya Dunia

0
1027
iklan

Dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional komunitas Padang Kuno ingin mewujudkan dan memberikan apresiasi dengan telah ditetapkan pabrik semen Indarung l jadi kawasan cagar budaya peringkat nasional. Padang Kuno juga mengajak masyarakat untuk beri dukung penuh untuk pabrik semen Indarung l.

“Hal ini kita apresiasi karena bangunan pabrik tersebut memiliki sejarah panjang sejak 1910 jadi pabrik semen pertama di kawasan asia tenggara. Maka melalui kegiatan FGD focus grup discusion Balai Pelestarian Kebudayaan ( BPK) wilayah lll Sumatera Barat dari 15-17 mei 2024 telah melakukan serangkaian rekomendasi untuk regulasi, tata kelola dan desain besar.

Hasil rekomendasi akan digunakan untuk persiapan menuju warisan budaya dunia UNESCO, karena prinsipnya kita sebagai bagian komunitas peduli sejarah dan budaya dukung penuh apapun terkait nama besar Semen Padang yang tidak hanya dikenal dengan tim sepak bolanya juga dikenal publik sebagai calon warisan budaya dunia,”jelas Ketua Komunitas Padang Kuno Eko Kurniawan, peserta FGD BPK wilayah lll baru baru ini terlaksana di salah satu hotel di Kota Padang Jumat 17 Mei 2024.

Eko juga beralasan hari ini sejarah baru untuk gerakan literasi sejarah dan budaya pabrik semen Indarung l hari buku nasional yang diperingati setiap 17 mei 2024.Maka gerakan literasi sejarah dan budaya akan terus dilakukan dalam berbagai kesempatan kegiatan baik dilingkungan tingkat komunitas sejarah, agenda BPK wilayah lll Sumatera Barat dan lainnya.

Hal senada juga jadi perhatian Kepala BPK Wilayah lll Sumatera Barat Undri pada kata sambutan FGD.

“Saya memberikan arahan dan koordinasi untuk mewujudkan harapan kita bersama.Tentu proses kita ikuti. Karena pabrik semen Indarung l adalah tempat sejarah panjang keberadaan industri semen khususnya di Asia tenggara dan dunia secara umum. Dengan adanya FGD ini tentunya gerakan literasi sejarah dan budaya semakin lebih baik dan penting dukungan semua pihak baik instansi pemerintah, komunitas,akademisi, pemerhati dan masyarakat secara umum nyata ke pabrik semen Indarung l menuju sinergitas calon warisan budaya dunia UNESCO,”kata sambutan alumni sejarah Universitas Andalas tersebut.

Saat ini posisi pabrik semen Indarung l sudah mendapatkan pengakuan secara nasional. Pabrik Semen Indarung l melalui Surat Keputusan Mendikbudristek Nomor 54 / M / 2023 sudah ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya peringkat nasional.

Dengan luas 4,8 hektar,dan memiliki nilai bangunan cagar budaya ada 42 jenis, pabrik semen Indarung l bukti peradaban manusia kala itu sudah maju.

Gerakan literasi mengenai pabrik semen tentu berkaitan dengan data dan arsip. Pada 23 mei 2023 arsip pabrik semen Indarung l ditetapkan ANRI ( Arsip Nasional Republik Indonesia).

Pada 8 mei 2024 arsip pabrik semen Indarung l ditetapkan sebagai memori kolektif Asia fasifik pada sesi 10 th memory of the world Commitee for Asia and The Pasifik ( MOWCAP) di Mongolia.

Proses pabrik semen Indarung l menuju warisan budaya dunia terbilang penuh suka duka. Para tokoh masyarakat Indarung bersama Indarung Heritage Society sudah puluhan bahkan ratusan kali menemui pihak terkait, untuk memperjuangkan keberadaan pabrik  semen Indarung l menuju pengakuan dunia dan menjadi destinasi wisata dan budaya di Sumatera Barat. Dukungan penuh masyarakat Sumatera Barat tentu menjadi kebanggaan kita bersama. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini