bebi

Metro Padang | Kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh tim PkM Unand yang sebelumnya telah dilaksanakan selama 6 kali, berakhir pada kegiatan keenam yang dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2022 di Rumah Batik Jembatan Akar.

Kegiatan keenam berupa pelatihan pencatatan keuangan sederhana dan evaluasi kegiatan PkM secara keseluruhan. Pelatihan pencatatan keuangan diharapkan dapat membantu mitra dalam pengelolaan keuangan yang lebih tepat. Pelatihan diberikan oleh Ketua Pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat yaitu Adila Adisti, SE, M.Ec.

“Untuk memudahkan pengrajin mencatat keuangan kelompok, kami memberikan pelatihan sederhana dan memberikan contoh aplikasi yang bisa digunakan untuk pencatatan keuangan.” Menurut Adila Adisti, SE, M.Ec.

Evaluasi dilakukan berdasarkan seluruh rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan dari bulan September hingga Desember 2022. Kegiatan pada tahun kedua ini berfokus pengembangan produksi, pengembangan kompetensi pengrajin, dan pengelolaan manajemen kelompok.

“Kami berharap, dengan rangkaian kegiatan PkM tahun kedua ini bisa membantu mitra menyelesaikan permasalahannya. Kegiatan ini dimulai pada tahun 2021 dengan fokus pada penambahan produksi pasca pandemi, pemasaran produk batik dan penambahan keahlian pengrajin. Tahun 2022 ini, fokus tim adalah meningkatkan keahlian pengrajin dibidang motif, lalu bidang keuangan dan pengelolaan usaha” sambung ketua pelaksana yaitu Adila.

Kegiatan yang dilaksanakan merupakan bagian dari Skim Program Kemitraan Masyarakat Membantu Usaha Berkembang Universitas Andalas tahun kedua.

“Kami tetap mendampingi mitra untuk mendaftarkan merek dagang dan mendaftarkan hak cipta berupa motif batik agar bisa digunakan ekslusif oleh mitra.” Ujar Chairunnisya, SE, MM. (mp)

Penulis: Chairunnisya, SE, MM

moris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini