Meriahkan Hari Kanker Sedunia PKK Kota Pariaman Gelar Gebyar IVA Test

0
510
Metro Padang – Dalam rangka memperingati “Hari Kanker se-Dunia” yang jatuh pada  tanggal 4 Februari setiap tahunnya, TP PKK Kota Pariaman akan melaksanakan Gebyar IVA Test di Kota Pariaman. Hal tersebut disampaikan dalam rapat kordinasi yang digelar oleh TP PKK Kota Pariaman di Sekretariat PKK, dengan mengundang Instansi terkait, seperti Dinkes, Puskesmas, Camat, Pengurus Pokja IV Kecamatan, serta Pengurus TP PKK Kota Pariaman yang diketuai oleh Ny. Lucyanel Genius.
Dalam rakor  Ny. Lucyanel Genius mengungkapkan, bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan TP PKK Provinsi Sumbar tentang Pelaksanaan Gebyar IVA Test, karena Gebyar IVA Test ini akan dijadikan moment untuk meningkatkan kesadaran masyarakat globa,l terhadap bahaya penyakit kanker, dan mendorong pencegahan, deteksi dini, serta pengobatan kanker.
Kanker Serviks adalah satu dari sekian banyak jenis kanker yang kerap menyerang wanita. Dengan melakukan deteksi sejak dini, peluang kesembuhan kanker serviks dapat meningkat. Ada beberapa cara untuk mendeteksi kanker serviks tersebut, salah satunya adalah dengan cara  melakukan IVA test, alias pemeriksaan IVA.
Terkait dengan hal tersebut, rencananya selama bulan Februari, yang dimulai pada tanggal 17 Februari 2022, Gebyar IVA Test akan diadakan di Kantor Balaikota dengan menggunakan prokes yang ketat, dan mendatangkan kader-kader yang ada di Kota Pariaman untuk diperiksa terlebih dahulu. Tetapi sebelum Gebyar IVA Test dilaksanakan, akan diberikan dahulu sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat usia subur dan telah menikah oleh Walikota Pariaman Genius Umar,  yang rencananya akan diadakan di Aula Balaikota.
“Jadi buat wanita usia subur yang sudah menikah dan berdomisili di Kota Pariaman, silahkan datang nanti pada tanggal 17 Februari, untuk memeriksakan kesehatannya demi mencegah mereka terserang dari kanker serviks. Bagi yang belum sempat datang pada tanggal tersebut, selama bulan februari boleh mengunjungi puskesmas terdekat dari tempat tinggal mereka untuk mendapatkan pelayanan IVA Test tersebut”, ungkap Ny.Lucyanel Genius.
“Saya berharap melalui peringatan Hari Kanker Sedunia, Gebyar IVA Test yang akan kita laksanakan ini mendapat dukungan dari semua pihak, dengan saling bekerjasama dalam menanggulangi penyakit Kanker ini. Semoga kita semua dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalam upaya memerangi Kanker di Indonesia khususnya di Kota Pariaman’, tegasnya. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini