Metro Padang – Tim Asesor  dari LPPM Unand yang  diketuai oleh ibu .Elita Amrina, ST, M.Eng,, PhD di UMKM Garuri yang didampingi oleh TIM PKM Unand :Dr.Benni Satria(Ketua), Dr. Neswati (Anggota), Dr. Andasuryani (Anggota), Dr. Ferry Lismanto(Anggota),dalam Rangka Monitoring dan Evaluasi UMKM  GaruRi (H.Daflus /Kepala, dan Fajri /Anggota), bersama mahasiswa Faperta dan Fateta Unand( Rabu, 9 Desember 2021).
Dalam Monev tersebut Tim Asesor menanyakan sejauhmana UMKM Garuri telah dibina oleh Tim PKM Unand , dan program apa saja yang telah dilakukan. UMKM Garuri diwakili oleh  Fajri  menjelaskan bahwa TIm PKM telah melaksanakan berbagai pendampingan mulai dari pengurusan izin usaha (NIB), yang mana sebelum dilakukan pengurusan izin, Tim PKM Unand telah melakukan pelatihan melalui daring dan luring dengan mendatangkan narasumber Bapak Ir. Nasrizal, MM (kepala Dinas Koperasi Provinsi Sumatera Barat), Bapak Nasrizal dalam webinar tersebut menjelaskan panjang lebar syarat dan proses pengurusan izin usaha.
Selanjutnya setelah selesai acara pihak Tim  PKM Unand mengadakan FGD lebih lanjut dengan pihak UMKM GaruRi dan ikut mendampingi dalam pengurusan izin usaha tersebut dan dalam waktu satu minggu terbit sertifikat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) dengan Nomor Induk Usaha:(NIB) : 025201243104 .
Tim PKM Unand telah berhasil memotivasi dan membina UMKM GaruRi hal ini dapat dilihat dari peningkatan produksi, kualitas dan kuantitas  produksi dan ketersedian bahan baku yang mana selama ini UMKM Garuri dalam produksi menggunakan blender yang diketahui memiliki kapasitas produksi rendah( sekali produksi 100 gram) dan saat ini UMKM GaruRi telah memiliki   mesin pengolahan (sekali produksi 5 kg).  UMKM GaruRi saat ini juga telah menggunakan sachet., sehingga lebih higinis.
Selanjutnya UMKM GaruRi juga telah didampingi oleh Tim PKM Unand dalam pembenahan  administrasi dan manamen  keuangan dan pemasaran digital , melalui kegiatan webinar secara daring dan luring  pelatihan dan FGD sehingga  pihak  UMKM  Garuri bersama dengan Tim PKM Unand telah mengimplementasikan, hal ini dapat dilihat bahwa  UMKM telah  menggunakan aplikasi SIAPIK yang diprogramkan oleh Bank Indonesia, UMKM Garuri telah juga memiliki Akun dan pasword  di  market place dan telah memiliki link di              Facebook (https://www.facebook.com/marketplace/item/1102740343805271/
Shopee (https://shopee.co.id/product/593722906/15100074820?smtt=0.593742491-1638409857.3  dan Insatagram (https://www.instagram.com/p/CWxXltgIfs8/?utm_medium=copy_link .
.Tim PKM Unand mendampingi program berkelanjutan membina mitra UMKM GaruRi untuk tumbuh berkembang ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang difasilitasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Univeritas Andalas.
UMKM   ini bergerak dalam usaha Teh Herbal Super dengan bahan baku pucuk muda, daun muda, daun tua gaharu dan gubal gaharu kelas tertentu,dengan perubahan waktu tim PKM Unand telah melakukan penelitian  minuman teh gaharu pada ternak ayam guna meningkatkan imunitas tubuh, disamping itu saat ini juga Tim PKM sedang  melakukan penelitian bahan baku teh gaharu menjadi obat herbal  dan minuman siap saji seperti teh kotak berbagai rasa. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini