Dosen PLB FIP UNP Terpilih Jadi Perwakilan Indonesia Untuk Program US ASEAN Visiting Scholar Di Amerika Serikat

0
1437
iklan
METROPADANG.COM | Antoni Tsaputra, Ph.D, dosen Prodi Pendidikan Luar
Biasa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang yang juga penyandang
disabilitas, terpilih sebagai satu-satunyawakil dari Indonesia untuk mengikuti program US ASEAN Visiting Scholar di Amerika Serikat.
Program ini merupakan sebuah program bergengsi dengan proses seleksi yang sangat kompetitif di tingkat ASEAN. Antoni mengikuti program iniselama 4 bulan, dimulai dari 16 Januari 2024 hingga akhir Mei 2024, setara dengan satu semester akademik.
Selama di Amerika Serikat, Antoni melakukan penelitian di World Enabled, sebuah lembag think tank yang berbasis di Berkeley California yang berfokus pada penelitian dan studi tentang disabilitas, dan bekerja sama dengan University of California Berkeley.
Fokus penelitian Antoni adalah mengenai partisipasi penyandang disabilitas dalam mencapai Sustainable Development Goals. Selain itu, Antoni juga mengkaji bagaimana
Amerika Serikat dapat membantu dalam mewujudkan pengarusutamaan hak-hak penyandang disabilitas dalam pencapaian SDGs di ASEAN.
Selain melakukan penelitian, Antoni juga memberikan mata kuliah tentang kebijakan disabilitas di negara-negara berkembang. Baru-baru ini, Antoni diundang ke Washington DC untuk mempresentasikan progress penelitiannya serta untuk memberikan gambaran tentang pemenuhan hak-hak disabilitas di Indonesia.
Acara tersebut merupakan seminar yang dihadiri oleh seluruh peserta program
US ASEAN Visiting Scholar dari berbagai negara bagian di Amerika Serikat, di mana setiap peserta mempresentasikan penelitiannya dan memaparkan permasalahan terkait di negara asal
mereka.
Dalam keterangan persnya, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNP, Prof. Dr. Afdal, M. Pd., Kons. Didampingi oleh Kepala Departemen PLB FIP, Elsa Efrina, M. Pd. merasa bangga atas capaian dan aktivitas Dr. Antoni. “Kami sangat senangdan bangga dengan pencapaian pak Dr Antoni di Amerika. Kami berharap, aktivitas Pak Dr Antoni di Amerika akanmembuka peluang peluang Kerjasama UNP pada umumnya dan PLB FIP UNP khususnya dalam rangka percepatan reputasi dunia UNP, seperti Kerjasama dengan University of California Berkeley”, imbuh Prof. Afdal.
Antoni Tsaputra dari Universitas Negeri Padang merupakan satu-satunya wakil dari
Indonesia yang diundang untuk berpartisipasi dalam seminar tersebut, bersama dengan
peserta dari negara-negara ASEAN lainnya seperti Singapura, Myanmar, Vietnam, Malaysia, dan Thailand.
Sebagai perwakilan dari Indonesia, khususnya dari Universitas Negeri Padang, Antoni
berharap tidak hanya menyelesaikan penelitiannya, tetapi juga dapat menjalin kerjasama
dengan peneliti, dan lembaga penelitian di Amerika Serikat untuk berkolaborasi dalam penelitian mendatang.
Pada bulan April mendatang, Antoni akan diminta oleh Pusat Kajian dan Advokasi
Disabilitas (DCC) UC Berkeley untuk memberikan kuliah umum bersama dengan seorang peneliti disabilitas dari Hong Kong, membahas isu-isu dan kebijakan terkait disabilitas, terutama implementasi konvensi hak-hak penyandang disabilitas di Indonesia. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini