Loyal pada Perintah Pimpinan, 12 PPPK UIN Imam Bonjol Padang Ikuti Pembukaan Orientasi PPPK

0
1362

Kota Padang – metropadang.com | Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) gelar pembukaan orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) secara hybrid dari Gedung Anwar Musaddad UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Orientasi ini diadakan sebagai langkah awal dalam mempersiapkan para PPPK untuk memasuki lingkungan kerja yang dinamis dan bertanggung jawab ( 25/01).

Kegiatan orientasi PPPK ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika, serta pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara dan budaya organisasi pemerintah

Orientasi PPPK merupakan mandat dari Peraturan Lembaga Administrasi Negara nomor 15 tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Sebagaimana Peraturan LAN tersebut, disebutkan bahwa Instansi pemerintah wajib menyelenggarakan orientasi bagi PPPK.

UIN Imam Bonjol Padang yang menghadiri acara ini secara daring dari Kampus III Sungai Bangek Gedung C lantai 2. Sebanyak 6 orang Dosen, serta 6 orang fungsional lainnya

Dalam laporannya Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia Prof. Dr. Suyitno, M. Ag menyampaikan ada sebanyak 10.300 orang yang lulus dalam selekesi PPPK hasil Optimalisasi, mayoritasnya adalah Guru yang berjumlah 4.281 orang, Dosen 1537 orang dan sisanya Fungsional lainnya.

Dalam sambutannya, Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas menekankan pentingnya peran PPPK dalam mendukung misi Kemenag RI dalam melayani masyarakat dan memajukan kehidupan beragama di Indonesia. Beliau juga menegaskan komitmen penuh Kemenag RI dalam memberikan dukungan dan pembinaan kepada para PPPK agar dapat berkembang secara profesional dan menghasilkan karya yang berkualitas.“Seluruh ASN harus memiliki mental melayani, memberikana pelayanan publik dengan baik” ujar Yaqut

Diharapkan nantinya bahwa melalui orientasi ini, para PPPK Kemenag RI dapat memperoleh pemahaman yang mendalam tentang peran dan tanggung jawab mereka sebagai abdi negara di sektor keagamaan. Langkah awal ini diharapkan menjadi landasan kuat bagi mereka dalam berkontribusi secara maksimal dalam mewujudkan visi dan misi Kemenag RI demi kesejahteraan umat dan bangsa. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini