Metro Padang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap banjir dan longsor, seiring perkiraan hujan beberapa hari kedepan.
Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pessel , Doni Gusrizal mengungkapkan, selain potensi banjir dan longsor, pihaknya juga mengingatkan nelayan yang hendak melaut. Pasalnya, selain bencana darat, potensi hujan juga berpengaruhi gelombang laut.
Disaat cuaca tidak memungkinkan sebaiknya jangan melaut dulu,” ungkap nya saat dikonfirmasi , Jumat 17 Desember 2021.
Berdasarkan perkiraan BMKG Minangkabau, potensi hujan di sebagian wilayah di Sumatera Barat berlangsung hingga, Sabtu 18 Desember 2021. Peringatan dini, waspada potensi hujan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai petir/kilat.
Selain siang dan malam hari, pada dini hari nya hujan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai petir/kilat, juga berpotensi terjadi.
Menurut Doni Gusrizal, jika lebih dari 2 jam, warga harus waspada, selain mewaspadai potensi banjir juga longsor bagi warga yang tinggal di wilayah kemiringan lebih 45 derajat atau di daerah lereng bukit.
“Selalu waspada dan melihat kondisi tanah yg berada di sekitar rumahnya. Jika terjadi keretakan tanah harus segera menghindar dari lokasi itu dan segera melaporkan ke nagari atau kecamatan,”tutupnya. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini