Warga dan Tokoh di Padang Sepakat Jaga Kondusifitas Selama Bulan Puasa

0
880
Kota Padang – metropadang.com | Bulan Ramadan sudah di ambang mata. Umat muslim akan melaksanakan puasa. Warga dan tokoh di Kota Padang pun sepakat menjaga kondusifitas.
Kesepakatan itu tertuang ke dalam pernyataan sikap bersama yang ditandatangani oleh Wali Kota Padang bersama tokoh organisasi kemasyarakatan (ormas), organisasi sosial (orsos) serta lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan organisasi keagamaan se-Kota Padang. Pernyataan sikap itu ditandatangani di salah satu hotel berbintang di Padang, Jumat (1/3/2024).
“Dengan ditandatanganinya pernyataan sikap ini kita harapkan suasana kondusif selama bulan Ramadan dapat terjaga,” kata Wali Kota Padang Hendri Septa.
Enam poin sikap ditandatangani siang itu. Pertama, menjaga ketertiban dan ketenteraman lingkungan khususnya lingkungan di sekitar masjid/musala, sehingga jamaah dapat melaksanakan ibadah salat dengan khusyuk guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
Kedua, mendukung upaya ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang, serta seluruh tokoh masyarakat untuk mengawasi para generasi muda dan anak kemenakannya agar tidak terlihat dalam kegiatan tawuran, balap liar, judi, minuman keras, narkoba, LGBT serta perbuatan maksiat lainnya.
Ketiga, masalah segala bentuk aktifitas yang dapat merusak ibadah puasa dan kekhusyukan dalam melaksanakan salat tarawih di Padang.
Keempat, mendukung kegiatan program Pesantren Ramadhan bagi pelajar/siswa muslim dan pesantren di kalangan majelis-majelis taklim serta pembinaan kerohanian bagi pelajar/siswa lainnya di masing-masing rumah ibadah.
Kelima, meminta dukungan moral kepada masyarakat di lingkungan masjid/musala untuk menciptakan suasana yang kondusif selama bulan suci Ramadan.
Keenam, memahami keberagaman dalam kebhinekaan dan selalu menjaga, memupuk toleransi, serta moderasi beragama demi keutuhan NKRI.
“Melalui komitmen bersama ini kita bersiap menghadapi bulan Ramadan yang merupakan bulan penuh ampunan,” ujar Hendri Septa.
Wako berharap, melalui komitmen ini nantinya seluruh umat muslim dapat menjalankan ibadah puasa dengan nyaman, aman dan tentram.
Pernyataan sikap ini dihadiri Ketua MUI Kota Padang, pemuka agama Islam, pemuka agama Protestan, pemuka agama Katolik, pemuka agama Hindu, pemuka agama Budhha, Ketua LKAAM, Ketua Bundo Kandung, Ketua Muhammadiyah, Ketua NU, Ketua Perti, Ketua Perwati, dan lainnya.(Charlie)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini