Upaya Pemprov Sumbar untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat

0
1439

metropadang.com | Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sekda Prov. Sumbar) sampaikan sejumlah upaya yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Sumbar kepada warga di Kecamatan Nanggalo, Kota Padang. Rabu (20/3/2024).

Menurutnya, salah satu bentuk upaya tersebut adalah dengan menfokuskan dukungan alokasi anggaran untuk sektor pertanian dan pendidikan.

Sebab, lebih dari 50 persen masyarakat di Sumbar mengantungkan hidupnya pada sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan.

Selain itu, sektor tersebut juga tercatat sebagai penyumbang terbesar Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Prov. Sumbar.

Disamping itu, sambung Hansastri, pihaknya juga tengah mempersiapkan generasi muda Sumbar menjadi generasi yang berkualitas dan berdaya saing.

“Itu mengapa, pertanian dan pendidikan menjadi fokus kita. Kita ingin masyarakat kita tambah sejahtera dan pintar,” ucapnya.

Hal itu disampaikannya saat melakukan Safari Ramadhan ke Masjid Darul Mukminin, Komp. Perumahan Banyamas – ITP Kel. Tabing Banda Gadang, Kec. Nanggalo Kota Padang.

Kemudian ia juga menyebut, dalam membangun perekonomian masyarakat, salah satu cara paling efektif adalah dengan mendukung sektor yang paling kuatnya dulu.

“Sejak beberapa tahun terakhir, kita telah mengalokasikan anggaran sebesar 10 persen untuk sektor tersebut, itu bukti dari keseriusan Gubernur kita dalam memperkuat ekonomi masyarakat,” tegasnya.

Menurutnya upaya tersebut cukup berhasil, sebab Nilai Tukar Petani (NTP) dan di Sumbar telah menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Nanggalo, Amrizal Rengganis menyampaikan apresiasinya kepada Tim Safari Ramadhan Provinsi yang telah peduli terhadap kelangsungan pembangunan Masjid di daerahnya.

“Kami sangat apresiasi kepada Pemprov Sumbar yang begitu peduli terhadap pembangunan Masjid Darul Mukminin,” ujarnya.

Kemudian, Amrizal mengajak seluruh jamaah masjid untuk berdoa, agar sejumlah daerah di Sumbar yang terdampak bencana dapat kembali bangkit seperti sedia kala.

Dipenghujung kegiatan, Sekda Prov. Sumbar menyerahkan bantuan untuk pembangunan masjid sebesar Rp.50 juta dan 20 pcs Al-Quran kepada pengurus Masjid Darul Mukminin (adpsb/nov/busan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini