Kepala Puskesmas Tanjung Beringin Hadiri Sosialisasi Pelaksanaan Poskesri dan Posyandu Prima Nagari Lunang Barat Tahun 2024

0
824
Kab. Pesisir Selatan – metropadang.com | Puskesmas Tanjung Beringin, Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Poskesri dan Posyandu Prima Nagari Lunang Barat Tahun 2024 di aula kantor walinagari setempat, Kamis (22/2).
Kegiatan itu dihadiri oleh Kepala Puskesmas Tanjung Beringin, Yanti Novita,SKM,M.KM, Bidan Koordinator, Nofrida Yenti,S.Tr.Keb, PJ Lansia, Wilnawati,Amd.Keb, PJ Gizi, Fatmawati, Amd.Keb, Pj PTM, Nurhelmi,Amd.Keb, PJ Promkes, Marlina,AMF & Pina Juniza, S.K.M, PJ PKPR, drg.Olivia, Pj Posyandu/ Bidan Desa Nagari Lunang Barat, Elyermi,Amd.Kep & Dyah Kristinigsih,Amd.Keb dan Kader Nagari Lunang Barat.
Kepala Puskesmas Tanjung Beringin, Yanti Novita mengatakan, sebagai pusat layanan kesehatan masyarakat tingkat pertama, Puskesmas menjadi ujung tombak untuk menjaga masyarakat tetap sehat. Untuk itu, perlu adanya integrasi layanan primer guna mendukung pemenuhan kebutuhan di posyandu dan puskesmas.
Disebutkan, Poskesri dan Posyandu prima sebagai salah satu bentuk transformasi sistem kesehatan  bertujuan untuk memberikan pelayanan yang prima dari setiap siklus kehidupan yaitu ibu hamil, bayi balita, remaja putri, usia produktif,hingga ke lansia yang dilaksanakan pada waktu atau hari yang sama dan masing-masing program saling terintegrasi
Adapun pelaksanaannya dengan melakukan skrining kesehatan awal sehingga jika ditemukan kondisi kesehatan yang yang abnormal akan ditindaklanjuti di Puskesmas. Selanjutnya, diberikan penyuluhan terkait dengan permasalahan kesehatan serta diberikan  pengobatan, seperti pemberian tablet FE pada remaja putri, pemberian obat anti hipertensi kepada lansia, kegiatan posyandu prima ini minimal didampingi 2 orang tenaga kesehatan dibantu dengan kader kesehatan yang terlibat, seperti kader posyandu,kader lansia dan kader BKR
Dengan adanya integrasi program terkait maka pelaksanaan posyandu bayi/balita,Ibu hamil,posyandu lansia, posyandu remaja, dan posbindu PTM  dapat terlaksana secara serentak serta menjangkau sasaran yg lebih besar dan koordinasi dalam peningkatan pelayanan  kesehatan semakin baik dan bermutu.
“Nagari Lunang Barat menjadi nagari pertama di Kecamatan Lunang yang dilakukan sosialisasi, direncanakan pelaksanaan posyandu prima pada awal bulan Maret 2024 dengan melibatkan 2 posyandu di Nagari Lunang Barat yaitu Posyandu Anggrek dan Posyandu Melati 2B yang menjadi posyandu prima percontohan bagi posyandu di nagari lain di wilayah kerja Puskesmas Tanjung Beringin,” ungkapnya. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini