KSOP II Teluk Bayur, Kampanyekan Keselamatan Pelayaran di Pesisir Selatan

0
2364
Kab. Pesisir Selatan – metropadang.com | Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Teluk Bayur Padang, atau Kantor Pelayanan Kesyahbandaran Direktorat Perhubungan Laut melakukan Kampanye Keselamatan Pelayaran bagi masyarakat atau penggiat wisata di Pesisir Selatan, Senin (29/1), di Pantai Carocok, Painan.
Kampanye keselamatan pelayaran di Pantai Carocok Kabupaten Pesisir, Propinsi Sumatera Barat ini ditandai dengan penyerahan seratus unit jaket pelampung atau life jacket (life vest) kepada masyarakat atau penggiat wisata di Kawasan Wisata Pantai Carocok, sebagai alat keselamatan di saat bekerja di laut.
Kepala KSOP Kelas II Teluk Bayur Padang, Direktorat Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI, Jondra Juis, M.E, M.Si, menjelaskan, program kampanye keselamatan adalah upaya pemerintah pusat, bagaimana mengatasi Zero Accident, atau kecelakaan kerja.
“Sebelumnya, di tahun 2023 kegiatan ini juga telah dilaksanakan di Kawasan Wisata Mande, Koto XI Tarusan,” terangnya.
Tahun 2024 ini, KSOP Teluk Bayur bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan, kembali melakukan kegiatan ini di Kawasan Wisata Pantai Carocok Painan. Melalui kegiatan ini pihaknya berharap dapat memberikan yang terbaik kepada masyarakat, atau penggiat wisata di Pesisir Selatan.
“Upaya in tidak hanya mengurangi, tapi juga mencegah kecelakaan kerja serta menjamin tenaga kerja tersebut mendapatkan perlindungan atas keselamatannya,”tuturnya.
Life Jacket ini adalah sebagai penolong, yang dapat dimanfaatkan untuk mengapung di laut saat terjadi kondisi darurat. Jaket penolong ini, juga harus mempunyai warna yang mencolok supaya mudah di lihat.
Bupati Pesisir Selatan yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan, Suhendri, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada KSOP Kelas II Teluk Bayur Padang, dan umumnya kepada Direktorat Perhuhungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, atas upaya keselamatan, atau perlindungan kerja bagi masyarakat di Pesisir Selatan tersebut. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini