UNP Expo 2023 Resmi Dibuka, Rektor Harapkan Acara Ini Bisa Tumbuhkan Budaya Riset

0
3148

Metro Padang | Guna memperluas dan memperdalam jaringan kerjasama riset, Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar UNP Expo 2023 di Auditorium UNP mulai dari tanggal 4 hingga 7 Desember 2023.

Kegiatan ini merupakan inisiasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNP yang berupa pameran penelitian dan pengabdian masyarakat. Tak hanya itu, dalam acara ini juga dilaksanakan berbagai talk show dan lomba inovasi tingkat nasional untuk mahasiswa.

“Ini adalah expo tahun kedua yang telah kami laksanakan, dimana kita pamerkan 507 hasil penelitian dan 265 hasil pengabdian masyarakat,” ungkap Ketua Pelaksana Dr. Haris Satria, M.Sn, saat menyampaikan laporannya pada Pembukaan UNP Expo 2023, Senin (4/11/2023).

UNP Expo 2023 resmi dibuka, Senin (4/12/2023) pagi. Kegiatan ini dibuka dan dihadiri langsung oleh Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko bersama Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D serta Gubernur Sumatera Barat yang diwakili, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Sumatera Barat Drs. Bustavidia, MM

Kepala LPPM UNP Prof. Dr. Anton Komaini, S.Si., M.Pd dalam sambutannya mengharapkan bahwa acara ini dapat memperluas dan memperdalam jejaring sesama riset antar perguruan tinggi serta memperkuat ilmu pengetahuan dengan multidisiplin dengan adanya kolaborasi.

“Kita mengusung tema ‘golaboration’ yang terdiri dari dua suku kata ‘go’ dan ‘kolaborasi’ yang berarti kita mengajak para dosen UNP secara masif berkelanjutan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan secara berkolaborasi,” paparnya.

Sementara itu, Rektor UNP mengungkapkan bahwa dengan adanya acara ini diharapkan dapat menumbuhkan budaya riset di Universitas Negeri Padang, tidak hanya di kalangan dosen namun juga mahasiswa sehingga dapat menghasilkan lulusan yang kompetitif.

“Diharapkan nantinya mahasiswa dapat ikut menyaksikan pameran ini sehingga dapat menumbuhkan ide-ide baru untuk melaksanakan riset,” paparnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Balitbang Drs. Bustavidia, MM, ia mengapresiasi pelaksanaan acara ini “Kita berharap program BRIN dan UNP dapat bersinergi sehingga dapat pembaruan dalam pengembangan iptek dan pengetahuan.”

Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko yang membuka acara ini memastikan bahwa BRIN siap berkolaborasi untuk melaksanakan berbagai riset dengan UNP. Ia juga mengingatkan bahwa budaya riset akan terus maju dan berkembang dengan adanya kolaborasi.

“Di BRIN banyak sekali skema untuk untuk bisa dimanfaatkan. Kami sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan teman-teman,” tambahnya.

Acara UNP Expo 2023 dibuka secara resmi ditandai dengan penekanan tombol peresmian oleh Rektor UNP, Kepala BRIN dan Kadis Balitbang UNP. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini