Metro Padang | Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar kuliah umum dan penandatanganan MoU dengan Persatuan Insinyur Indonesia di Ruang Serba Guna (RSG) FT, Jumat (20/10/2023).
Adapun pembicara dalam kuliah umum yang bertemakan Tantangan Global Keinsinyuran dan Peran Persatuan Insinyur Indonesia dalam Era Transisi Energi dan Hilirisasi Industri ini adalah Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Ir. Bambang Goeritno, M.Sc, MPA, IPU, APEC. Engineer.
Dekan FT, Dr. Ir. Krismadinata, S.T, M.T yang diwakili Wakil Dekan (WD) I, Dr. Muhammad Anwar, S.Pd, M.T dalam sambutannya mengatakan bahwa Perhimpunan Insinyur sangat penting bagi Fakultas Teknis UNP sebagai asosiasi dan wadah bagi lulusan, dosen serta mahasiswa.
Ketua PII Sumatera Barat Ir. Nasirman Chan, ST, MT, IPM, ASEAN, Eng CSE, dalam sambutannya mengatakan Perhimpunan Insinyur Indonesia didirikan pada 23 Mei 1952 dan hari ini menjadi profesi yang sudah diakui Undang-Undang dan memiliki Peraturan Pemerintahnya sehingga PII berhak melakukan akreditasi kompetensi keinsinyuran yang setara dengan kompetensi keinsinyuran di Dunia.
Sementara itu Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D mengatakan bawah UNP akan segera membuka prodi profesi insinyur, oleh sebab itu, ia berharap memperoleh dukungan dari PII dan PII Sumbar. “Mudah-mudahan kita akan berupaya semaksimal mungkin agar prodi insinyur ini bisa berdiri di UNP. Saya yakin dengan dukungan PII Sumbar dan PII Pusat memudahkan jalan kita,” ungkap Rektor.
Sebelum dilaksanakan sesi kuliah umum, Rektor UNP beserta Sekjen PII melakukan penandatanganan MoU kerjasama antara UNP dan PII. Acara kuliah umum ini juga dipandu oleh moderator Dr.Eng.Ir.Eka Juliafad, M.Eng IPM. Dari pantauan Humas UNP di Lapangan para mahasiswa terlihat antusias dalam mengikuti kuliah umum ini, hal ini terlihat dari banyaknya mahasiswa berpartisipasi dalam sesi tanya jawab yang dipandu moderator.
Turut hadir dalam acara ini, Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahun (FMIPA), Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Direktur Sekolah Vokasi, Wakil Dekan, Kepala Badan, Kepala Departemen, Koordinator Prodi Selingkungan UNP, dan Para Dosen.  (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini