Pemko Payakumbuh Matangkan Persiapan Hari Lahir Pancasila ke-23

0
312
bebi

Metro Padang.com – Payakumbuh — Merujuk atas dasar surat edaran kepala badan pembinaan edeologi Pancasila nomor 1 tahun 2023 tentang pedoman upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Kesbang-Pol helat rapat bersama TNI/Polri guna mempersiapkan pelaksanaan upacara hari Pancasila 1 Juni 2023.

Rapat yang berlangsung di aula pertemuan panorama ampangan lantai II kantor walikota Payakumbuh itu dipimpin Pj. Walikota Payakumbuh yang diwakili asisten III bidang administrasi umum Ifon Satria Chan didampingi Kepala Kantor Kesbang-Pol Dipa Surya Persada, Senin (29/5/2023).

Adapun tema yang diusung pada peringatan hari Pancasila ke-23 tahun 2023, “gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global”, dengan tagline “aktualisasi Pancasila, energi pertumbuhan Indonesia.

Terlihat saat rapat berlangsung turut hadir dari ketua purna paski kota Payakumbuh dan OPD teknis pelaksana upacara hari Pancasila tahun 2023.

Dalam arahannya, Asisten III walikota Ifon Satria Chan menyampaikan seluruh satuan pendidikan formal untuk setiap jenjang dan jenis pendidikan agar melaksanakan upacara peringatan hari Pancasila tahun 2023 secara luring di lingkungan masing-masing.

“Teruntuk juga BUMN dan BUMD serta perusahaan swasta yang ada di wilayah kota Payakumbuh untuk dapat ikut serta memperingati hari lahir Pancasila,” ujar Ifon.

Ifon juga mengimbau kepada seluruh lembaga dan kantor perangkat pemerintah daerah, BUMN, BUMD, universitas, sekolah negeri dan swasta serta komponen masyarakat kota Payakumbuh untuk mengibarkan bendera merah putih selama satu hari pada tanggal 1 Juni 2023.

“Dan juga mari kita semua turut serta memeriahkan peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 melalui berbagai media publikasi, baik cetak, elektronik, dan media sosial dengan menggunakan tema, tagline, dan logo peringatan hari lahir Pancasila 2023 sebagaimana terlampir,” ajaknya.

Dilanjutkan, tentu dalam memperingati hari lahir Pancasila tahun 2023 ini kita selenggarakan sekreatif mungkin dengan tetap mengutamakan kesederhanaan dan memperhatikan situasi serta kondisi terkini,” ungkap Ifon.

Sementara itu, kepala kantor Kesbang-Pol kota Payakumbuh Dipa Surya Persada dalam kesempatan itu mengatakan bahwa untuk mensukseskan upacara berjalan dengan lancar dan sukses, maka berbagai persiapan harus dirancang dengan baik, seperti komandan upacara, perwira upacara, peserta yang akan dilibatkan serta petugas-petugas lainnya yang terlibat pada acara tersebut.

“Hendaknya Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Lahir Pancasila bukan hanya seremonial belaka, tetapi kita semua harus tahu maknanya. Untuk itu kami tekankan kepada seluruh ASN yang ditugaskan untuk Upacara, agar hadir secara daring,” ucapnya.

Terkait pelaksanaan upacara secara daring, Dipa menyampaikan nantinya hal ini akan difasilitasi Dinas Komunikasi dan Informasi bagi semua yang ingin hadir dalam peringatan hari lahir Pancasila ke-23 tahun 2023 di kota Payakumbuh.

“Dan nanti bisa diakses di portal media elektronik, seperti YouTube, dan sosial media Pemko Payakumbuh,” ungkap Dipa. (Humas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini