Pemkab Dharmasraya Dapat DAK 15 Miliar untuk Infrastruktur Pendidikan Tahun 2024

0
1828
metropadang.com | Pemerintah Kabupaten Dharmasraya memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp15 miliar pada tahun 2024 untuk kegiatan pembangunan infrastruktur pendidikan di daerah itu.
“DAK pendidikan tahun 2024 untuk rehabilitasi gedung, pembangunan gedung baru, dan lain-lain,” kata Kepala Dinas Pendidikan Dharmasraya Boby Perdana R, di Pulau Punjung, Senin (26/2/2024).
Dia mengatakan alokasi yang berasal dari pemerintah pusat itu digunakan untuk perbaikan dan pembangunan infrastruktur sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan Pendidikan Anak Usia Dini.
Dikatakannya, dana 15 miliar diperuntukkan bagi Sekolah Dasar (SD) Rp8 miliar, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Rp6 miliar, dan Rp1 miliar untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Menurut dia perolehan DAK akan membantu percepatan pembangunan infrastruktur sekolah di daerah itu.
“Kami pemerintah daerah tentu berterima kasih atas perhatian pemerintah pusat yang terus mengalokasikan DAK untuk kemajuan pendidikan di Dharmasraya,” katanya.
Ia berharap serapan pengerjaan kegiatan tersebut berjalan dengan baik serta dikerjakan secara profesional, sehingga akan melakukan pengawasan agar pembangunan berjalan sebagaimana mestinya.
Ia mengatakan tingginya kepercayaan pusat menyalurkan dana tidak terlepas dari pengusulan data pokok pendidikan (Dapodik) yang disusun dengan baik.
“Selain persyaratan lain yang harus dilengkapi, rapinya data Dapodik sangat mempengaruhi sekolah untuk mendapatkan DAK tahun ini,” katanya.
Ia menambahkan Dharmasraya sejak tiga tahun terakhir terus memperoleh DAK, misalnya pada 2021 Rp39,8 miliar, 2022 Rp18 Miliar, dan 2023 Rp9 miliar. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini