Fakultas Ilmu Keolahragaan UNP Lakukan Sertifikat Peningkatan Profesi Guru Renang

0
692
Kota Padang – metropadang.com |Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang Menyelenggarakan Sertifikat Peningkatan Profesi Guru Renang. Tujuannya untuk wujud pelaksanaan MOU Universitas Negeri Padang dengan MASWIM Malaysia. 
Pelaksanaan pelatihan dilakukan selama 2 hari dari tanggal 19-20 Februari 2024 di Kolam renang FIK UNP. Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor 1 Universitas Negeri Padang, Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan Kepala Laboratorium Pembelajaran Renang. Prof. Nurul Ihsan, S.Pd, M.Pd, selaku Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan, menyampaikan kegiatan ini sangat penting bagi mahasiswa untuk meningkatkan soft skill dan hard skill mahasiswa pada bidang olahraga renang.
Prof. Nurul Ihsan, S.Pd, M.Pd berharap mahasiswa mengikuti kegiatan dengan serius sehingga memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat dalam karir mereka kedepannya di bidang renang. Coach Richmond, Presiden MASWIM Malaysia, menyampaikan latar belakang kegiatan ini, terutama terkait tingginya angka korban anak-anak yang meninggal di Malaysia akibat tidak bisa berenang. Dia berharap program ini dapat membantu mengurangi angka kecelakaan tersebut.
Kegiatan pelatihan diisi oleh 4 pemateri yang berkompeten, 2 dari Malaysia, yaitu Coach Richmond Ho Yong Chai, yang juga merupakan Presiden MASWIM Malaysia, dan Raymond Ho Tze Chai, serta 2 orang dari Universitas Negeri Padang, Prof. Syahrastani, M.Kes, dan Andri Gemaini S.Si, M.Pd yang merupakan Dosen Renang di Fakultas Ilmu Keolahragaan. Total terdapat 30 orang peserta, 10 peserta dari Malaysia dan 20 peserta dari mahasiswa Universitas Negeri Padang.
Materi pada pelatihan mencakup penanganan cedera olahraga, CPR, dan keterampilan dasar pengajaran renang. Dalam peroses pelatihan Peserta mengajarkan teknik pertolongan pertama pada korban kecelakaan udara, bagaimana cara mengajarkan renang yang baik mulai dari anak usia dini hingga usia lanjut dan prestasi renang.
Selanjutnya para peserta juga mengikuti Online Class selama 30 kali pertemuan dengan pemateri yaitu Coach Chii Lin LEUNG dimana beliau merupakan Atlet renang Malaysia yang telah sering mengikuti kejuaraan dunia salah satunya Olympiade.
Dalam proses pembelajaran peserta sangat antusias dimana terjadi diskusi yang hangat dan praktek pembelajaran renang yang menyenangkan. Peserta dari kedua negara saling berdiskusi dan bekerja sama dalam proses pelatihan. Coach Richmond, Presiden MASWIM Malaysia menyatakan bahwa peserta terbaik pada pelatihan jatuh pada mahasiswa FIK UNP Aulia Rahmad, S.Or, beliau berpendapat bahwa peserta tersebut aktif dan memiliki potensi kemampuan untuk menjadi guru renang yang profesional. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini