Bupati Pasaman : Dukung Program tahfidz, Tahun 2024 Pemda Pasaman Anggarkan Honor Guru Tahfidz Untuk Seluruh Nagari

0
2321
metropadang.com | Bupati Pasaman Sabar AS hadiri peringatan Isra’ mikraj Nabi Muhammad SAW sekaligus penyambutan bulan suci ramadhan di Masjid Istiqamah Jorong Padang Petok, Nagari Panti Selatan (Pansel) Kecamatan Panti, Jumat (16/02) malam.
Dalam arahannya, Bupati Sabar AS menghimbau agar masyarakat Padang Petok me-makmurkan masjid dengan berbagai kegiatan keagamaan, seperti sholat lima waktu di masjid, maghrib mengaji, subuh berjamaah, tahfidz quran, majelis taqlim dan aktifitas Islami lainnya.
“Pemerintah daerah telah mengeluarkan Surat edaran Bupati Pasaman tentang keharusan untuk menghentikan seluruh aktifitas di saat adzan berkumandang dan melaksanakan sholat berjamaah di masjid. Surat edaran ini sudah saya tanda tangani bulan lalu,” ujar bupati.
Selanjutnya, guna mendukung program tahfidz, pada tahun 2024 Pemda Pasaman telah menganggarkan honor guru tahfidz untuk seluruh nagari di Pasaman.
“Programnya, satu guru tahfidz satu nagari, dengan honor Rp.2,5 juta per-bulan,” ungkap bupati.
Turut diingatkan Bupati Sabar AS. bahwa untuk menciptakan suasana tanang dan damai selama bulan suci ramadhan 1445 H, Pemda Pasaman akan melaksanakan operasi pemberantasan Penyakit Masyarakat (Pekat) di seluruh wilayah Kabupaten Pasaman.
“Bagi pelanggar yang ditemui nantinya, akan diberikan sangsi sesuai ketentuan yang betlaku,” tegas Bupati Sabar.
Kepada Wali Nagari bupati berpesan untu membentuk Peraturan Nagari (Perna) tentang Pemberantasan Pekat. Hal ini dimaksudkan agar setiap nagari punya payung hukum dalam melakukan penindakan terhadap pelanggar pekat di nagarinya masing-masing.
Mengakhiri arahannya, Bupati Sabar AS menyerahkan infak pribadinya Rp. 2 juta kepada pengurus mesjid.
Wali Nagari Panti Selatan, Didi Al Amin, menyatakan bahwa Nagari Panti Selatan komit untuk menjalankan program Pasaman Berimtaq di Panti Selatan.
“Dalam APB Nagari 2024, kami akan membuat Pilot Project Pondok Quran di Nagari Panti Selatan. Untuk tahap awal baru satu pondok, kemudian berlanjut tahun-tahun berikutnya didirikan pondok quran lainnya,” kata Wali Pansel.
Turut disampaikan, pada ramadhan nanti, pihak Nagari Pansel akan melaksanakan kegiatan Gema Ramadhan dan safari ramadhan.
“Diharapkan nuansa ramadhan akan terasa lebih meriah dan lebih hidup di Panti Selatan,” sebut wali.
Sementara itu, pengurus Masjid Istiqamah melaporkan, bahwa pengurus melalui wali nagari Panti Selatan sudah dua kali menyurati Dinas Perkim LH serta sudah pernah menyampaikan langsung kepada Kepala Bappeda Pasaman pada saat safari ramadhan tahun 2023 lalu, tentang permohonan lampu jalan menuju mesjid istiqamah Padang Petok namun hingga sekarang belum kunjung terealisasi.
“Berhubung Pak Bupati sudah hadir di sini. masalah lampu jalan ini kami sampaikan langsung kepada Bapak Bupati,” ujar pengurus masjid.
Isra” Mikraj di Masjid Istiqamah Padang Petok ditutup dengan Tausyiyah yang disampaikan Ustadz Masrial Jambak dari Kabupaten Pasaman Barat. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini