Nama pengarang :  Yogi Afriandi
Jurusan               :  Sastra Jepang

Anime Kimi no nawa adalah anime movie yang cukup populer dikalangan
pencinta anime dan anime ini menceritakan tentang bagaimana kehidupan 2 tokoh yang berperan besar dalam alur ceritanya yaitu tokoh laki-laki bernama Taki dan tokoh perempuan bernama Mitsuha.
Disini karakter Taki adalah seorang laki-laki yang hidup di kota Tokyo dan memiliki 2 orang teman sekolah yang bernama Tsukasa dan Miki. Selain dua orang diatas Taki juga memiliki orang yang ditaksirnya ditempat kerja paruh waktunya yaitu perempuan cantik bernama okudera, dan okudera disini digambarkan sebagai seorang yang lebih tua dari Taki maka dari itu ditempat kerja Taki biasanya memanggil senpai kepada okudera.
Dan untuk kehidupan sekolah Taki digambarkan sebagai seorang anak yang sangat mahir dalam bermain basket dan menggambar oleh karena itu banyak orang yang terkesan saat melihat keahlian Taki tersebut.
Berikutnya adalah mitsuha yang juga merupakan karakter penting dalam anime Kimi no nawa. Mitsuha disini digambarkan sebagai seorang anak gadis cantik yang tinggal di pedesaan yang tinggal bersama nenek dan seorang adiknya, serta ayah dari mitsuha adalah seorang bupati yang cukup terkenal didesanya walaupun sudah tidak tinggal bersama dengan mitsuha. Dan dalam kehidupan sekolahnya mitsuha juga ditemani dua orang reman yang bernama Sayaka dan tessie, mereka berdua adalah orang yang sering  membantu mitsuha jika berada dalam kesusahan
Dalam kesehariannya mitsuha bisa dibilang cukup bosan tinggal di desa dan mendamba-dambakan untuk tinggal dikota, dikarenakan didesa mitsuha sangat sulit menemukan kafe dan toko-tokonya juga sudah tutup walaupun masih belum terlalu malam. Oleh karena itu mitsuha pernah berkata kalau di masa depan dia ingin tinggal di kota Tokyo dan perkataan tersebut didengar oleh adiknya yang membuat adiknya cukup keheranan mendengarnya.
Dan setelah kejadian itu besoknya terjadi fenomena dimana tubuh Taki dan Mitsuha mengalami pertukaran yang membuat mereka harus merasakan sudut pandang dari kehidupan mereka satu sama lain.
Yang pertama yaitu Taki yang kesulitan menjalani kehidupan mitsuha yang merupakan seorang gadis desa sehingga membuat teman- teman dan anggota keluarga mitsuha yang terkejut dengan perubahan sikapnya seperti karakter Mitsuha yang feminis berubah menjadi karakter yang cukup keras dan jago bermain basket bahkan sampai membuat cewek disekolahnya ada yang menyukai mitsuha dikarenakan hal tersebut.
Begitu juga dengan mitsuha yang kesulitan menjalani kehidupan Taki yang terbukti saat mitsuha yang mengendalikan tubuh Taki tidak tau arah jalan sekolah sampai tersesat bahkan cara ngomongnya pun sangat berbeda dengan Taki sehingga hal tersebut membuat dua orang teman sekolahnya cukup keheranan dengan perubahan sikapnya tersebut, bahkan puncaknya saat Taki yang tersesat saat ingin ketempat kerjanya yang membuat dia terlambat
Namun ada teman kerja Takiyang bernama okudera yang sigap membantu Taki yang sedang dalam kesulitan itu, akan tetapi hal tersebut justru membuat okudera menyukai Taki akan perubahan sikapnya dari seorang yang keras menjadi lelaki yang canggung dan feminis. 
Awalnya masing-masing dari Taki dan Mitsuha merasa seperti bermimpi saat menjalani kehidupan  mereka yang saling bertukar tubuh, akan tetapi seiring bertambahnya waktu mereka pun menyadari kalo mereka beneran bertukar tubuh di dunia nyata, Hal tersebut dibuktikan dari respon orang disekitar mereka yang mengatakan kalo Taki dan Mitsuha seperti orang yang berbeda. Setelah kejadian itu mereka pun saling membuat aturan satu sama lain agar membatasi mereka dalam melakukan sesuatu untuk mengurangi kecurigaan orang disekitarnya. Dan setelah kejadian itu mereka juga saling berbagi cerita satu sama lain tentang bagaimana cara menjalani kehidupan mereka sehari-hari.
Namun ada suatu momen dimana mereka tidak bertukar tubuh lagi yang pada saat itu Taki sangat ingin menceritakan sesuatu kepada Mitsuha, Apakah momen yang menyebabkan mereka tidak dapat bertukar tubuh lagi?
Kalian harus menonton animenya sendiri untuk menjawab rasa penasaran kalian. 

(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini