Gubernur Sumbar Mahyeldi : Peringatan Hari Nusantara Terus Memicu dan Memacu Semangat Menjaga Laut

0
104

Metro Padang.com – -Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, berharap agar seluruh lapisan masyarakat terus terpicu dan terpacu dalam menjaga kebersihan laut dari sampah. Harapan itu disampaikannya saat menghadiri aksi Bersih Pantai dalam rangka memperingati Hari Nusantara di pelataran Masjid Al Hakim Pantai Padang, Rabu (27/12/2023).

“Momen Hari Nusantara adalah momen merayakan negeri kita sebagai negeri maritim. Oleh karena itu, momen ini juga harus kita manfaatkan untuk mengencangkan ikatan pada pemahaman bahwa kehidupan kita terkait kepada laut. Kebutuhan kita di darat disediakan oleh laut. Oleh karenanya, laut harus senantiasa kita jaga,” ucap Gubernur Mahyeldi dalam sambutannya.

Terlebih, sambungnya, tujuh kabupaten/kota di Sumbar terletak di pinggir laut. Sehingga, menjadi kewajiban bersama untuk terus memperhatikan dan menjaga laut, baik itu unsur pemerintah daerah, TNI, Polairud, serta lembaga swasta dan masyarakat secara umum. Terlebih mengingat, laut sangat rentan menjadi tempat pelanggaran terhadap aturan-aturan, termasuk pelanggaran terkait pencemaran lingkungan.

“Pada dasarnya, laut pun tidak rela menjadi tempat pembuangan sampah dari darat. Peringatan Hari Nusantara ini harus memicu dan memacu kita untuk terus menjaga kebersihan laut dan pantai kita,” ucap Gubernur lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Baray (DKP Sumbar), Reti Wafda menyebutkan, peringatan Hari Nusantara ditetapkan setiap tanggal 13 Desember, mengacu pada peringatan lahirnya Deklarasi Djuanda yang menyatakan bahwa ‘Semua perairan di sekitar, di antara, dan yang menghubungkan pulau-pulau yang masuk daratan NKRI adalah bagian-bagian yang tak terpisahkan dari wilayah yurisdiksi Republik Indonesia’.

“Peringatan Hari Nusantara setiap tahunnya rutin kita isi dengan aksi bersih pantai, demi menjaga ketersediaan sumber daya laut yang berkelanjutan. Dalam kesempatan ini, Bapak Gubernur Sumatera Barat juga menyerahkan hadiah umrah bagi warga yang berhasil mengumpulkan sampah terbanyak sepanjang tahun 2023, yang diraih oleh Bapak Abadi, yang berhasil mengumpulkan lebih dari tujuh ribu kilogram sampah,” ucap Reti. (adpsb/isq)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini