Wakil Bupati Hadiri Peresmian Pembangunan PLTMH di Nagari Muaro Sungai Lolo

0
429

Metro Padang | Pembangunan pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH)
di Nagari Muaro Sungai Lolo, Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, Kabupaten Pasaman, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Demikian disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Pasaman Sabar AS ketika menghadiri peresmian pembangunan PLTMH di Nagari Muaro Sungai Lolo, Kamis (5/10/2023). Kegiatan itu dihadiri sejumlah pejabat, termasuk dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Dikatakan Wabup Sabar, kalau nanti PLTMH sudah dioperasikan, maka salah satu persoalan di kawasan itu sudah teratasi, yaitu masalah penerangan, yang termasuk kebutuhan dasar untuk menunjang kehidupan.

“Kalau kelak itu sudah terjadi, maka boleh dikatakan Nagari Muaro Sungai Lolo sudah ‘merdeka’,” ungkap Sabar. Masyarakat, menurut Wabup Sabar, tidak lagi dihadapkan dengan persoalan keterbatasan sumber energi listrik untuk penerangan.

Tapi Wabup Sabar berharap pemanfaatan energi listrik tidak hanya sebatas sebagai sumber penerangan. “Banyak yang bisa dilakukan,” ungkapnya. “Termasuk untuk menggerakkan berbagai kegiatan di bidang ekonomi,” sambung mantan anggota DPRD Sumbar itu.

Sabar juga meminta masyarakat setempat secara bersama-sama menjaga kelestarian hutan untuk kesinambungan fungsi PLTMH kalau kelak sudah dioperasikan. “Apalagi Muaro Sungai Lolo termasuk kawasan penyangga,” sebutnya.

Yang tidak kalah penting, menurut Sabar, bagaimana semua masyarakat di nagari itu untuk bersama-sana berpartisipasi mewujudkan pembangunan PLTMH sampai tuntas dan beroperasi.

Ia meminta masyarakat mempunyai rasa memiliki yang tinggi terhadap PLTMH sehingga bila dalam pelaksanaan ditemui kendala dan hambatan, bisa dicarikan solusi yang terbaik.

Wabup Sabar juga meminta, bila kelak PLTMH dioperasikan dikelola oleh para tenaga yang ahli di bidang itu sehingga keberadaan PLTMH dinikmati secara luas oleh masyarakat dan dalam rentang waktu yang panjang. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini