Dekan FIP UNP Jadi Pembicara Pada Bukittinggi International Conference On Education (BICED) UIN Sjech M Djamil Djambek

0
878
Metro PADANG | Perkembangan teknologi memiliki dampak yang besar terhadap pendidikan dan kehidupan sosial, bahkan semenjak terjadi pandemi Covid 19.
Perkembangan teknologi tidak hanya berdampak positif, akan tetapi juga memiliki dampak negatif.
Untuk itu, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sjech M Djamil Djambek menyelenggarakan Bukittinggi International Conference on Education (BICED) pada 25 September 2023, di Auditorium Student Center.
Konferensi ini diikuti oleh lebih dari 600 mahasiswa dan dosen yang tidak hanya berasal dari Sumatera Barat, akan tetapi juga berasal dari berbagai provinsi di Indonesia (seperti Jakarta, Bima, Yogyakarta) dan juga berasal dari Luar Negeri (seperti Thailand, Malaysia dan Mesir).
Pada kesempatan ini, Dekan FIP UNP, Prof. Dr. Afdal, M. Pd., Kons., di undang menjadi pembicara kunci, dengan tema The Impact of Technology on Education and Social Dynamics.
Dalam pembicaraannya, Prof. Afdal menyampaikan teknologi tidak hanya berdampak positif bagi kemajuan pendidikan dan dinamika sosial, akan tetapi juga memiliki dampak negatif.
Dampak positif yang dirasakan diantaranya adalah akses lebih luas ke informasi, terciptanya pembelajaran jarak jauh dan kolaborasi, komunikasi yang lebih interaktif, peningkatan efisiensi, personalisasi pembelajaran, kemajuan dalam pembelajaran bahasa dan efek positif lainnya.
Disamping itu, Prof. Afdal menyampaikan bahwa kemajuan teknologi juga memiliki efek negatif seperti gangguan digital (seperti phubbing behaviour, isolasi sosial dan kemunduran keterampilan sosial, penyalahgunaan informasi (termasuk perilaku hoax), kecanduan smartphone,dan efek negatif lainnya.
Selain Prof. Afdal selaku pembicara kunci, BICED 2023 kali ini juga mengundang pembicara dari Mesir (Syekh Prof Abdul Rabbi dari Universitas Al Azhar Kairo Mesir), Thailand (Assoc Prof Rohanee Machae dari Princess of Naradhiwas University), Malaysia (Dr. Zaidi bin Fadzil dari Sultan Abdul Halim Muadzam Shah International Islamic Univeristy) dan Prof. Dr. Alek BA., M. Pd. dari Universitas Negeri Jakarta.
Kegiatan ini disambut sangat baik dan meriah oleh mahasiswa dan Dosen. Dikonfirmasi oleh tim Humas, Dr. Fadhilla YusriM. Pd., Kons. salah seorang Dosen dan juga Wakil Dekan II Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sjech M Djamil Djambek menyebutkan bahwa penyampaian dari keynote speaker dan speaker lainnya membuka cakrawala pendidikan dan perubahan dinamika sosial sebagai akibat kemajuan teknologi.  (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini