Dinas pendidikan Kota Payakumbuh bersama ruangguru akan menggelar pameran Digital Transformasi in Technology Education

0
48

Metro Padang.com – Payakumbuh — Bertajuk “digital transformasi exibithion”, dinas pendidikan Kota Payakumbuh bersama ruangguru akan menggelar pameran Digital Transformasi in Technology Education bersama siswa/siswi terpilih sebanyak tiga puluh orang yang telah menyelesaikan pembelajaran ilmu coding yang difasilitasi oleh ruangguru melalui dinas pendidikan kota Payakumbuh.

Merujuk akan dilaksanakan pameran tersebut, dinas pendidikan bersama ruangguru menggelar rapat technical meeting yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota, Suprayitno dan turut dihadiri Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh, Armein Busra. Pertemuan yang berlangsung di ruang (Randang) rapat Wali Kota lantai II kantor Wali Kota Payakumbuh, Jumat (5/7/2024) sore itu membahas lebih lanjut untuk persiapan pameran yang akan digelar tersebut.

Awal pertemuan berlangsung, kepala dinas pendidikan, Dasril menyampaikan maksud dan tujuan dari digelarnya pameran tersebut kepada Pj. Wali Kota Payakumbuh. Dan pada kesempatan diawal itu pula, Suprayitno juga mendengarkan lebih rinci dari pihak ruangguru (Ismail) terkait rangkaian dari pameran yang akan digelar pada bulan Agustus 2024.

Adapun dihelatnya pameran ini menurut Dasril merupakan tindak lanjut dari program kelas digital yang sudah menjadi dari program yang telah diterapkan dinas pendidikan kota Payakumbuh dari beberapa tahun belakang ini.

“Karna program ini sudah sejalan dengan perkembangan dan kebutuhan dari jaman yang semuanya sudah menggunakan serba digitalisasi,” beber Dasril kepada Suprayitno.

Untuk diketahui, pameran yang baru pertama kali digelar di Provinsi Sumatra Barat ini rencananya akan turut dihadiri dari pejabat Kemendikbud, Kemendagri, Kominfo, serta juga akan turut hadir CEO ruangguru langsung untuk memeriahkan pameran ini nantinya.

“Kehadiran petinggi dari jajaran kementrian ini nantinya bertujuan untuk memperlihatkan jika transformasi dari pembelajaran digital di kota Payakumbuh sudah terlihat berjalan lebih jauh dari standar nasional yang telah ditetapkan,” ungkap Suprayitno.

Suprayitno katakan jika pameran ini akan menjadi pilot projek bagi daerah-daerah lainnya di Sumatra Barat. Sehingga kita harus betul-betul mempersiapkan agar pameran ini berlangsung dengan sempurna,” lanjutnya.

Tidak lupa, menjelang mengakhiri penyampaiannya, Suprayitno ungkapkan kepada pihak ruangguru terkait dengan pameran ataupun kebutuhan atas kepentingan dunia pendidikan di kota Payakumbuh, pihak Pemko Payakumbuh akan selalu mendukung itu, dan kami siap menjalin kerjasama yang lebih solid lagi bersama ruangguru kedepannya,” tukas Pj. Wali Kota Payakumbuh itu.

Setelah penyampaian dari orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kota Payakumbuh selesai, pertemuan masih berlanjut dengan saling bertukar informasi terkait persiapan pameran Digital Transformasi in Technology Education. (Humas)
Payakumbuh—Berlangsung meriah, Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Kota Payakumbuh tahun 2024 sukses digelar di Halaman Balai Kota Payakumbuh, Sabtu (6/7/2024).

Kegiatan tersebut mengusung tema ‘Melalui Jambore Kader PKK Tingkat Kota Payakumbuh Tahun 2024, Kita Tingkatkan Sinergitas Untuk Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju’.

“Kehadiran PKK di Payakumbuh menjadi salah satu faktor penentu kemajuan kota,” ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Suprayitno di awal sambutannya.

Menurutnya, saat ini peran PKK sangat dibutuhkan guna mendukung seluruh program pemerintah daerah, utamanya dalam pencegahan dan percepatan penurunan stunting, pengendalian inflasi, hingga pengelolaan sampah.

“Peran PKK sangat strategis. Jika perannya berjalan dengan baik, Insyaa Allah tujuan masyarakat Payakumbuh yang sejahtera dapat tercapai,” katanya.

Suprayitno mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut PKK yang merupakan mitra dari pemerintah daerah juga perlu berkolaborasi dengan berbagai komponen masyarakat lainnya.

“Mudah-mudahan kegiatan lomba ini tidak dilaksanakan untuk sekedar mengejar juara, namun yang terpenting adalah harus diimplementasikan di lapangan,” ujarnya dengan penuh harap.

“Apabila pengurus PKK memiliki SDM yang handal, hal ini sangat membantu Pemko dalam mempercepat geliat pembangunan. Kami yakin, TP-PKK Payakumbuh dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk menyongsong Indonesia emas 2045,” pungkasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Ny. Elfriza Rida mengatakan kegiatan tersebut diikuti oleh TP-PKK Kecamatan se Kota Payakumbuh beserta jajaran dengan membawa suporter masing masing.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan peserta dalam melaksanakan dan mengimplementasikan 10 program PKK di lapangan,” bebernya.

Ia berharap,TP-PKK sebagai mitra pemerintah dapat lebih masif membantu permasalahan yang dihadapi saat ini, yaitu terkait dengan stunting, inflasi, hingga sampah.

“Pada tahun 2023, Pemko Payakumbuh melalui TP PKK telah memfasilitasi bantuan bibit kepada 47 kelompok dasa wisma se Kota Payakumbuh. Hari ini, ada lomba pengolahan pangan lokal, artinya PKK dan masyarakat mendapat manfaat dari kegiatan PKK,” jelasnya bangga.

Adapun jambore tersebut dimeriahkan dengan lomba yel yel, lomba paduan suara mars PKK dan lagu pilihan, lomba cerdas cermat, lomba jingle gelari pelangi, lomba pengolahan pangan lokal, serta lomba senam kreasi 6 langkah cuci tangan.

Kemudian, pemenangnya akan menjadi delegasi Kota Payakumbuh untuk mengikuti Jambore kader PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Solok pada tanggal 16-18 Juli mendatang. (Humas)
Payakumbuh—Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Ir. Suprayitno, MA menghadiri tabligh akbar dan dzikir bersama dalam rangka menyambut Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1446 H di Halaman Balai Kota Payakumbuh, Sabtu (6/7/2024) sore.

Tabligh akbar dan dzikir bersama Pemko dan PHBI Kota Payakumbuh tersebut mengusung tema ‘Dengan Semangat Tahun Baru Hijriyah, Kita Perkuat Persaudaraan Dalam Mewujudkan Payakumbuh yang Religius’.

“Kami dari Pemko menyampaikan terima kasih kepada PHBI Payakumbuh yang telah berkenan menyelenggarakan acara tabligh akbar dan dzikir bersama ini,” ujar Pj Wako Suprayitno.

Dikatakannya, 1 Muharram merupakan momen yang sangat dinantikan oleh umat islam untuk bermuhasabah diri.

“Sebagai kota yang kental akan nuansa islaminya, mari jadikan momen pergantian tahun Hijriah ini sebagai momentum untuk bersyukur terhadap apa yang telah diberi oleh Allah kepada kita,” lanjutnya.

Ketika menyusun RPJPD Kota Payakumbuh, ujar Suprayitno, Pemko menunjukkan komitmennya dengan mencantumkan nilai Adat Basandi Syara Syara Basandi Kitabullah di dalamnya.

“Kami berharap, kita dapat memajukan Kota Payakumbuh bersama-sama melalui banyaknya potensi dan kayanya nilai islamiyah di sini,” harapnya.

“Mari kita bangun kota Payakumbuh dengan kebersamaan dan ukhuwah islamiyah yang kuat agar Payakumbuh semakin gemilang,” tambahnya lagi.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh H. Joben berharap agar kegiatan ini dapat menambah kecintaan masyarakat terhadap agama islam.

“Bagaimanapun, kita akan menjalani kehidupan di dunia dan akhirat kelak dengan berbekal ajaran islam, perjalanan panjang itu hanya bisa ditempuh jika kita berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan sunnah,” ujarnya mengingatkan.

Kemudian, Ketua PHBI Kota Payakumbuh Drs. H. Rudi Noviardi menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemko yang telah menyediakan sarana dan prasarana demi kelancaran acara tersebut.

“Semoga kecintaan dan ketaatan kita kepada ajaran agama islam semakin bertambah melalui peringatan 1 Muharram hari ini,” tutupnya.

Setelahnya, acara dilanjutkan dengan penyampaian ceramah oleh Sekretaris MUI Payakumbuh, Ustadz Hanan Putra, Lc, MA dan melantunkan dzikir bersama yang dipimpin oleh Ketua Barisan Muda BKMT Sumatera Barat Ustadz Darno Efendi, S.Pd.I, M.Pd.

Tak hanya itu, jamaah tabligh akbar dan dzikir bersama juga mengikuti shalat maghrib berjamaah di Halaman Balai Kota Payakumbuh yang diimami oleh Pimpinan Ponpes Tahfizul Quran Asy Syifa Payakumbuh Ilham Maulana.

Turut hadir Forkopimda Payakumbuh, Asisten I, Asisten II, jajaran Kemenag, jajaran PHBI, pimpinan organisasi islam, guru TPQ dan MDTA, penyuluh agama, dan jamaah tabligh akbar serta dzikir bersama se Kota Payakumbuh. (Humas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini