Bupati Rusma Yul Anwar : Guru Mampu Gali Potensi Diri Siswa

0
79
METROPADANG.COM | Adanya paradigma baru, siswa dituntut memiliki kemampuan literasi, karakter dan kolaborasi. Dalam hal ini, guru diharapkan pula mampu menggali potensi yang ada dalam diri siswa. Harapan itu disampaikan Bupati Selatan, Rusma Yul Anwar saat launching PPDB TK, SD dan SMP se Kabupaten Selatan, Selasa (16/7) di Gedung PCC.
Dikatakan lebih lanjut, Kurikulum Merdeka sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. Kemudian guru juga harus memiliki kelebihan dan kesungguhannya dalam melihat siswa secara utuh dan menyeluruh. “Ya, dengan adanya Pembelajaran Paradigma Baru tersebut dapat memacu peningkatan kualitas pendidikan ke depan,” ujarnya.
“Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di satuan pendidikan di Indonesia. Itu berarti anak-anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan,” katanya.
Bupati pada kesempatan itu juga menyampaikan kepada seluruh insan pendidikan di Kabupaten Pesisir Selatan bahwa diperlukan tindakan nyata peningkatan kualitas pendidikan untuk mewujudkan visi dan misi kelima Pemkab Pesisir Selatan tahun 2021-2026 yaitu mewujudkan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan sumber daya manusia yang beriman, kreatif dan berdaya berkata.
“Tindakan nyata yang dimaksud adalah melalui transformasi organisasi pendidikan berbasis kebutuhan, kodrat dan potensi siswa. Transformasi manajemen sekolah yang berkolaborasi dengan semua pemangku kepentingan pendidikan. Transformasi kepemimpinan pembelajaran juga harus mampu beradaptasi dengan cepat, sesuai perkembangan Iptek dan tantangan zaman yang semakin dinamis,” ujarnya .
Kemudian melalui Kurikulum Merdeka dapat terwujudnya Pelajar Berprofil Pancasila. Dalam artian pelajar yang memegang teguh falsafah Pancasila dan nilai-nilai kearifan lokal. 
Pelajar yang merdeka sepanjang hayat dan pelajar yang mampu menyongsong masa depan. Kemudian melahirkan siswa yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia yang mempunyai daya saing untuk masa depannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini