Sekwan DPRD Sumbar menyambut Mahasiswa Hukum Unand kegiatan Kuliah Lapangan

0
28

Metro Padang.com – Sekretaris DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Raflis  menyambut  mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Andalas (Unand) dalam kegiatan yang kuliah lapangan bertempat di ruang sidang utama gedung DPRD Sumbar, Selasa (04/6/2024).

Pada kesempatan itu, para mahasiswa yang didampingi sejumlah dosen berkesempatan untuk berdiskusi dengan Sekwan Raflis tentang berbagai isu yang berkaitan dengan peran legislatif dalam pemerintahan daerah.

Sekwan Raflis menyambut baik kunjungan tersebut dan memberikan penjelasan singkat mengenai struktur dan tugas DPRD.

Dalam sambutannya, Raflis menyampaikan, kunjungan mahasiswa seperti ini sangat penting untuk memberikan wawasan praktis mengenai tugas-tugas legislatif dan proses pembuatan kebijakan.

“Kami berharap, adik-adik mahasiswa dapat memahami lebih dalam tentang dinamika politik dan pemerintahan daerah,” ujar Raflis yang akan purnatugas tahun ini.

Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi mengenai berbagai topik, seperti proses penyusunan peraturan daerah, pengawasan pelaksanaan anggaran, serta peran DPRD dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat“Kami mendapatkan banyak pengetahuan baru yang tidak bisa kami dapatkan di dalam kelas. Diskusi langsung dengan Sekretaris DPRD memberikan pemahaman yang lebih jelas mengenai bagaimana teori yang kami pelajari di kampus,” ujarnya.

Dosen Fakultas Hukum Unand yang mendampingi mahasiswa tersebut, berharap kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin dan mendorong mahasiswa untuk lebih aktif memahami proses legislasi dan pemerintahan daerah.

“Dengan mengadakan kuliah lapangan seperti ini, kami berharap mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan analisis kritis dan memahami kompleksitas dunia hukum secara lebih mendalam,” katanya.

“Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya Fakultas Hukum Unand untuk memadukan teori dan praktik dalam pendidikan hukum, sehingga menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan di dunia profesional,” tutupnya.(MP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini