Wisuda ke-134, Rektor UNP Mewisuda 2.329 Mahasiswa

0
1617

Kota Padang – metropadang.com
Universitas Negeri Padang laksanakan Wisuda ke-134 selama dua hari, 29 dan 30 Maret 2024. Total ada 2.329 lulusan yang akan diwisuda pada periode ini, dimana 1.164 lulusan di hari pertama ini, Sabtu (30/3/2024) dan 1165 di hari kedua.

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D dalam pidatonya mengucapkan selamat kepada wisudawan atas gelar akademik yang telah diraih sesuai dengan bidang ilmu yang ditempuh.

Dalam pidatonya yang berjudul “Peran Aktif Universitas Negeri Padang dalam Mempersiapkan Generasi Emas Melalui Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Provinsi Sumatera Barat” mengungkapkan bahwa UNP memegang peran yang sangat penting dalam mengembangkan SDM untuk menyambut Indonesia Emas 2045, terutama di Provinsi Sumatera Barat yang merupakan salah satu lumbung pemikir dan cendekiawan nasional.

“Berdasarkan data yang dirilis oleh BPS Sumbar (2024), bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Sumatera Barat tahun 2023 mencapai 75,64, meningkat 0,48 poin (0,64 persen) dibandingkan tahun sebelumnya (75,16). Dengan pencapaian yang dinamis dalam bidang pendidikan seperti angka melek huruf yang mencapai 99.71% pada tahun 2023, Angka Putus Sekolah yang rendah hanya sebesar 1.78% pada tahun 2022, dan Angka Partisipasi Sekolah yang tinggi mencapai 84.33%, hal ini mengindikasikan adanya potensi SDM yang unggul,” terangnya.

Dalam kegiatan ini yang akan memberikan orasi adalah Walikota Bukittinggi Erman Safar, S.H untuk hari pertama, sekaligus penandatanganan MoU antara UNP dengan Kota Bukittinggi, pada kesempatan itu Prof. Ganefri, Ph,D juga menyerahkan empat SK Program Studi Baru di UNP, yakni Prodi S1 Kedokteran Hewan dan Profesi Dokter Hewan kepada Dekan Fakultas Kedokteran dan SK S1 Pendidikan Vokasional Seni Kuliner dan S1 Pendidikan Vokasional Desain Fashion kepada Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

Erman Safar dalam orasi ilmiahnya yang berjudul “Kebijakan Pemberdayaan dan Pengembangan Ekonomi Kreatif di Kota Bukittinggi” mendorong para wisudawan bergerak dalam usaha mandiri dan tidak menggantungkan nasib kepada corporate dan lembaga lainnya karena kemandirian mencoba usaha sendiri merupakan pilihan sangat tepat mengingat kondisi Sumatera Barat yang bukan merupakan provinsi ramah bagi pencari kerja.

“Semoga para wisudawan bisa bermanfaat untuk kampus dan mengharumkan nama UNP sebagai alumni sehingga dapat meyakinkan orang-orang yang ingin masuk ke kampus ini untuk menjadi mahasiswa baru,” tambahnya.

Diketahui sebanyak 1.164 lulusan diwisuda pada hari pertama ini, dimana 121 lulusan Diploma 3 yang berasal dari Fakultas Bahasa Seni (FBS) 21 orang, Fakultas Teknik (FT) 65 dan 35 lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Kemudian tamatan Program S1 dan D4 Kependidikan sebanyak 555 orang yang terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) 258 lulusa, 180 dari FBS, 105 FT dan 12 lulusan FEB.

Selanjutnya Program S1 dan D4 Non Kependidikan sebanyak 278 orang dimana dari FBS 89 orang, FT 74 orang dan 115 orang dari FEB. Tamatan Program Profesi Konselor Magister sebanyak 1 orang, Tamatan Program Magister (S2) sebanyak 191 orang dan Program Doktoral 18 orang.

Turut tampak hadir dalam wisuda 134 hari pertama ini,  Ketua dan Sekretaris Majelis Wali Amanat, Ketua dan Sekretaris Senat Akademik Universitas, Wakil Rektor I,II, III dan IV, Dekan dan Wakil Dekan, Direktur dan Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana serta Sekolah Vokasi, Kepala dan Sekretaris Lembaga, Kepala dan Sekretaris Badan, Kepala Biro Selingkungan, kepala dan Sekretaris SPI dan Kepala UPT, Kepala Pusat, Kepala Kantor. Kemudian Kepala dan Sekretaris Departemen, koordinator Program Studi serta Kepala Bagian. (utr/Humas UNP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini