Rektor UIN IB Padang, Prof Martin Kustat Salurkan Bantuan Hibah Dari Pemprov Sumbar

0
1134

Kota Padang, metropadang.com 
Prof. Dr. Martin Kustati, M.Pd., Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam
Bonjol Padang, kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat dengan menyerahkan dana hibah dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) kepada Masjid Jami’ Jorong Sikayan Talang, Nagari Air
Dingin, Kecamatan Sangir Jujuan, Kabupaten Solok Selatan.

Bantuan senilai Rp 50 juta dan 20 buah Al-Qur’an ini diserahkan langsung oleh Prof. Martin kepada pengurus masjid dalam sebuah acara seremonial yang dihadiri oleh Ketua DPRD Solok Selatan, tim safari Ramadan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, para tokoh agama, masyarakat setempat, dan tamu undangan lainnya.

Acara ini merupakan bagian dari program Safari Ramadhan yang diselenggarakan oleh Pemprov Sumbar setiap tahunnya. Program ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat, meningkatkan syiar Islam, serta memberikan tausiah dan pembinaan keagamaan kepada masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda, SE, M.M., menjelaskan bahwa Kabupaten Solok Selatan memiliki program 1 jorong 1 rumah tahfiz. Dalam program ini, setiap jorong di Kabupaten Solok Selatan didirikan rumah tahfiz untuk membina anak-anak agar hafal Al-Qur’an.

“Alhamdulillah, dalam 3 tahun terakhir, Kabupaten Solok Selatan sudah menwisudakan 20.000 anak-anak yang hafal Al-Qur’an,” tuturnya.

Zigo Rolanda berharap program ini dapat terus berkembang dan melahirkan generasi muda yang Qur’ani dan berakhlak mulia.

Selanjutnya, Prof. Martin didaulat sebagai Ketua Tim V Safari Ramadhan Pemprov Sumbar. Beliau menyampaikan bahwa penunjukan UIN Imam Bonjol Padang sebagai salah satu tim safari merupakan wujud kepercayaan pemerintah terhadap peran UIN dalam membina dan mengembangkan syiar Islam di Sumatera Barat.

“UIN Imam Bonjol Padang sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) memiliki tanggung jawab untuk turut mencerdaskan dan menyejahterakan masyarakat, khususnya di bidang keagamaan,” ujar Prof. Martin.

“Salah satu bentuknya adalah dengan berpartisipasi dalam program Safari Ramadhan ini,” imbuhnya. Lebih lanjut, Prof. Martin

berharap bantuan ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ibadah dan pendidikan keagamaan di Masjid Jami’ Jorong Sikayan Talang.

“Semoga bantuan ini dapat digunakan untuk memakmurkan masjid, meningkatkan kualitas ibadah, dan mencetak generasi muda yang Qur’ani,” harapnya.
Sementara itu, Ketua Pengurus Masjid Jami’ Jorong Sikayan Talang, Maridis mengucapkan terima kasih kepada UIN Imam Bonjol Padang dan Pemprov Sumbar atas bantuan yang telah diberikan.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas bantuan dari UIN Imam Bonjol Padang dan Pemprov Sumbar. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk meningkatkan kualitas ibadah dan pendidikan keagamaan di masjid ini,” ungkap Maridis

Ia menambahkan, dana hibah tersebut akan digunakan untuk merenovasi masjid, membeli peralatan ibadah, dan menyelenggarakan kegiatan keagamaan.

“Dana ini akan kami gunakan untuk merenovasi masjid, membeli peralatan ibadah seperti Al-Qur’an, dan menyelenggarakan kegiatan keagamaan seperti pesantren Ramadan dan tahsin Al-Qur’an,” tuturnya.

Acara penyerahan dana hibah ini diiringi oleh antusias warga setempat untuk menjawab beberapa kuis dan dihadiahkan Al-Qur’an diakhiri dengan penyerahan simbolis bantuan secara langsung oleh Prof. Martin kepada Maridis dan dilanjutkan dengan ramah tamah bersama seluruh tamu undangan. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini