Persiapan Pemilu 2024, Kapolres Pasaman Barat Tinjau Kedatangan Logistik Surat Suara

0
996
Metro Padang | Pastikan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 berjalan dengan lancar, Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki meninjau dan melakukan pengecekan kedatangan logistik Pemilu berupa surat suara, di Gudang II Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (10/1/2024).
Proses pengiriman surat suara hingga sampai di gudang logistik KPU Pasaman Barat mendapat pengawalan ketat dari enam personel Polda Sumatera Barat.
Sebelumnya, logistik surat suara sampai di gudang KPU pada Selasa (9/1/2023) dengan menggunakan kendaraan jenis truck merk Toyota Dyna Engkel warna Hijau Nomor Polisi BM 8718 TE, milik perusahaan ekspedisi pengiriman Zataka Express Courier dan Cargo Service.
Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki mengatakan, peninjauan dan pengecekan dilaksanakan sebagai bentuk kesiapsiagaan para personel yang bertugas dalam melakukan pengamanan kedatangan logistik Pemilu berupa surat suara yang tiba di Gudang II KPU Pasaman Barat yang berada di Jalan Tuangku Sasak Jorong Katimaha, Nagari Lingkuang Aua Koto Dalam Kecamatan Pasaman.
“Kita memastikan keamanan pengiriman dan kedatangan surat suara yang akan digunakan pada saat pelaksanaan Pemilu 2024,” katanya.
Diterangkan, pengiriman logistik Pemilu berupa surat suara yang telah tiba di gudang II KPU Pasaman Barat dengan menggunakan dua unit mobil truck kontainer dari jasa pengiriman PT. Wira Tritama Abadi Padang, dengan mendapat pengawalan personel dari Direktorat Samapta dan Direktorat Pengamanan Objek vital Polda Sumatera Barat.
“Sempat terjadi kesalahan dalam surat pengantar dari pihak jasa ekspedisi, sehingga dilakukan perbaikan surat pengantar tersebut, dan proses penerimaan serta pembongkaran dilakukan pada Rabu (10/1/2024) sekitar pukul 10.00 WIB,” terangnya.
AKBP Agung Basuki menjelaskan, selain meninjau kesiapsiagaan personel dalam mengamankan surat suara yang datang, pihaknya juga mengcek kegiatan pembongkaran dan penyortiran logistik yang akan digunakan dalam Pemilu 2024 nantinya.
“Selain itu, kami juga mengecek ruang yang dijadikan penyimpanan surat suara, menyaksikan berita acara penyerahan surat suara serta memastikan segel truk kontainer yang membawa surat suara tersebut tidak rusak.
Kapolres kembali menjelaskan, logistik berupa surat suara yang tiba di gudang logistik KPU Kabupaten Pasaman Barat adalah surat suara Presiden dan Wakil Presiden, surat suara DPR RI, DPRD Provinsi, serta surat suara DPRD Kabupaten/Kota.
Selain Kapolres Pasaman Barat, kegiatan tersebut juga dihadiri, Komisioner KPU Pasaman Barat melalui Divisi Perencanaan Data dan Informasi Fitra Wati, Divisi hukum dan pengawasan, Akbar Riyadi, Divisi Teknis Penyelenggara, Syarif Hidayatullah, Ketua Bawaslu Pasaman Barat Wanhar, Kasubag Perencanaan Data dan Informasi KPU Pasaman Barat Hidayat Basri,
Kemudian, Kabag Ops Polres Kompol Muzhendra, Kasat Intelkam Barat AKP Boby Sandra, Kasat Samapta AKP Asril, Kapolsek Pasaman AKP Defrizal, KBO Sat Intelkam Iptu Rahmat Negara, Ps. Kanit I Sat Intelkam, Aiptu Efnu Sahada, Staf KPU Pasaman Barat, Staf Bawaslu Pasaman Barat serta awak media. (HumasResPasbar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini