Metro Padang | Deni Friska Yulianti, Mahasiswa Sastra Inggris angkatan 2020, saat ini tengah mengambil bagian dalam program magang independen di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur. Informasi mengenai kesempatan magang ini diperoleh Deni melalui pengalaman yang terdokumentasi pada situs web pribadi dari seorang pemagang sebelumnya.
Untuk mendaftar, Deni mengikuti prosedur pengajuan magang melalui alamat email resmi Atdikbud di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur. Dokumen yang diperlukan termasuk surat pengantar dari kampus, transkrip nilai, CV, KTP/Paspor, dan surat lamaran magang.
Partisipasi Deni dalam magang ini melibatkan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Udayana. Deni menjadi satu-satunya perwakilan dari Universitas Negeri Padang, mewakili kampus di pulau Sumatera.
Proses pengajuan magang membutuhkan waktu hingga 6 bulan sebelum Deni mendapatkan jadwal magang pada bulan Januari 2024. Setelah menunggu selama 2 bulan, Deni menerima balasan email yang menempatkannya dalam waiting list magang. Hingga akhirnya, H-30 hari sebelum magang dimulai, Deni menerima surat penerimaan resmi dari KBRI Kuala Lumpur.
Selama menjalani magang, Deni secara aktif terlibat dalam berbagai tugas di bagian Atase Pendidikan dan Kebudayaan, seperti membantu staf Atdikbud dalam menerjemahkan surat balasan Atdikbud dan mendukung proses kunjungan dari perguruan tinggi di Indonesia atau Malaysia, serta instansi pemerintah Indonesia. Pengalaman ini tidak hanya memberikan wawasan praktis bagi Deni, tetapi juga membantu pengembangan keterampilan profesional yang sesuai dengan konteks internasional. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini