Hadiri Mulok Keminangkabauan Di SMPN 8 , Hendri Septa : Program Mulok Adalah Upaya Pemko Dan Stakeholder Terkait Untuk Melestarikan Adat dan Budaya Minangkabau

0
750
MetroPadang.com | Wali Kota Padang Hendri Septa meninjau langsung pelaksanaan Program Muatan Lokal (Mulok) Keminangkabauan di SMPN 8 Padang, Jl. Andam Dewi, Kelurahan Sawahan Timur, Kecamatan Padang Timur, Selasa (16/1/2024).
Siswa SMPN 8 Padang memperagakan tradisi Keminangkabauan berupa permainan tradisional dan kesenian Minang, yang melibatkan puluhan siswa.
Beberapa permainan tradisional yang dimainkan diantaranya, permainan congkak, Tarompa Tampuruang/sayak, Ula Naga, Sepak Rago. Kemudian juga ada penampilan Silat, dan lagu Minang.
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang telah melakukan launching Program Mulok Keminangkabauan bagi pelajar PAUD, SD dan SMP se-Kota Padang pada 19 September 2023 lalu di Galanggang Balaikota Padang Aie Pacah.
“Program Mulok merupakan upaya dari Pemerintah Kota Padang bersama stakeholder terkait untuk melestarikan adat dan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Minangkabau terdahulu. Ini kekayaan intelektual yang harus kita wariskan kepada generasi muda kita,” ucap Hendri Septa.
Hendri Septa menambahkan, Program Mulok Keminangkabauan dilaksanakan satu kali dalam seminggu, setiap Selasa, selama satu sampai dengan dua jam pelajaran. Bermacam tradisi akan diperagakan oleh pelajar dalam program ini diantaranya, Malam Bainai, Sumbang 12, Batagak Gala, dan Babako, Permainan Tradisional dan Kesenian Minangkabau.
“Kita akan terus mempertahankan kegiatan Keminangkabauan ini, karena ini merupakan kewajiban kita selaku orang tua untuk mengajarkan kepada anak – anak kita, agar mereka paham dengan tradisi yang telah diwariskan kepada mereka. Kami harapkan dukungan dari semua pihak, kepala sekolah dan para guru untuk kesuksesan program ini,” ucap Hendri Septa.
Lebih lanjut Hendri Septa mengapresiasi berbagai kesenian dan permainan tradisional yang ditampilkan oleh pelajar SMPN 8 Padang ini. Ia merasa bangga, senang, sekaligus takjub dengan para pelajar SMPN 8 Padang, karena mereka menghayati dengan seksama setiap peran yang dilakoninya.
“Penampilan mereka luar biasa, dan inilah yang kita harapkan dari program ini, bagaimana generasi muda dapat mempelajari tradisi atau permainan yang telah diciptakan oleh nenek moyang mereka. Insha Allah kita akan Istiqomah untuk melaksanakan program Mulok Keminangkabauan ini,” pungkas Hendri Septa.
Sementara itu, Ketua Bundo Kanduang Sumatera Barat Raudha Thaib mengapresiasi gagasan Wali Kota Padang Hendri Septa yang telah mencanangkan Program Mulok Keminangkabauan ini. Menurutnya, program ini dapat memberikan pelajaran kepada anak-anak tentang budaya Minangkabau.
Turut hadir mendampingi Hendri Septa dalam kesempatan ini Kepala Dinas Kominfo Boby Firman, Kepala Bagian Prokopim Sekretariat Daerah Padang Tommy TRD, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nurfitri, serta Camat Padang Timur Fizlan Setiawan dan Ketua LKAAM Kota Padang Suardi. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini