Makin Komitmen Terapkan Kesetaraan Gender, Pemprov Sumbar Terima Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Nindya

0
363

Metro Padang | Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) kembali memboyong penghargaan tingkat nasional jelang tutup tahun 2023. Terbaru, Selasa (19/12/2023), Pemprov Sumbar menerima Anugerah Parahita Ekapraya (EPA) kategori Nindya dari Kementerian PPPA RI, berkat komitmen dalam melaksanakan Pengarusutamaan Gender, Pemberdayaan Perempuan, serta Perlindungan Anak secara komprehensif di Sumbar.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Dharmawati Puspayoga di Jakarta. Atas diraihnya penghargaan tersebut Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menyatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan hasil dari komitmen Pemprov Sumbar dalam penyelenggran pengarusutamaan gender di Sumbar.

“Alhamdulillah, komitmen Pemprov Sumbar untuk terus melakukan perlindungan serta pemenuhan hak bagi kaum perempuan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, dapat berbuah manis. Tentu saja apresiasi layak kita sematkan kepada DP3AP2KB Sumbar, serta seluruh OPD terkait yang turut mendukung terlaksananya komitmen tersebut,” ucap Gubernur Mahyeldi.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sumbar, Gemala Ranti, yang hadir bersama Kepala Bappeda Sumbar Medi Iswandi untuk menerima penghargaan tersebut. Menurutnya, Pemprov Sumbar akan terus meningkatkan komitmen dalam pengarusutamaan gender secara komprehensif, dan bertekad untuk meningkatkan capaian penilaian EPA berikutnya.

“Untuk tahun ini, kita mendapatkan penilaian kategori Nindya. Tentu ke depan kita harus lebih meningkatkan fokus sehingga penilaian untuk Pemprov Sumbar semakin baik lagi. Selain Pemprov, lima kabupaten/kota di Sumbar juga mendapatkan penghargaan EPA tahun ini, di antaranya Kota Bukittinggi, Sawahlunto, Payakumbuh, Kabupaten Sijunjung, serta Kabupaten Padang Pariaman,” ucapnya.

Sementara itu, Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Dharmawati Puspayoga dalam sambutannya menjelaskan, sebagai bentuk apresiasi bagi Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang dinilai berhasil dalam penyelenggaraan pengarustamaan gender secara komprehensif, makanKementerian PPPA memberikan Penganugerahan Parahita Ekapraya. Dibmana, penghargaan ini dibagi dalam beberapa kategori, yakni Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan Mentor.

Lebih lanjut dijelaskan Menteri Gusti Ayu, dengan mengevaluasi secara komprehensif, maka penyelenggaraan pengarustamaan gander akan menjadi semakin lengkap. Di mana, pelaksanaan pengarustamaan gender akan semakin memberikan ruang bagi Kementerian/Lembaga, Provinsi, Kabupaten, dan Kota untuk menajamkan kebijakan, program, dan kegiatannya sehingga menjadi responsif gender.

Menteri Gusti ayu terus mengajak seluruh Menteri, Kepala Lembaga, Gubernur, Bupati, dan Wali Kota, untuk mengintegrasikan perspektif gender dalam peningkatan nilai pada seluruh komponen pembentuk indeks-indeks tersebut. Hal ini sebagai bagian dari target-target yang dituangkan dalam RPJMN, RPJMD, Rencana Strategis Kementerian/Lembaga/Daerah, serta Rencana Kerja Pemerintah maupun Daerah.

“Sehingga, secara berkelanjutan dapat terus mengupayakan terwujudnya kesetaraan gender secara komprehensif. Kami mengucapkan selamat kepada Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, semoga dapat menjadi penyemangat dalam memperjuangkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan hak perempuan untuk mewujudkan Indonesia Maju,” ujarnya. (adpsb/isq)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini