Siapkan Anggaran Pilkada 2024, Wali Kota Padang Tandatangani NPHD bersama KPU dan Bawaslu

0
1015
Metro Padang | Pemerintah Kota Padang melakukan penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang Tentang Dana Hibah Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang Tahun 2024.
Penandatanganan dilakukan langsung oleh Wako Hendri Septa dengan Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra, Ketua Bawaslu Kota Padang Eris Nanda dan Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar selaku Tim TAPD, bertempat di Gedung Putih Rumah Dinas Wali Kota Padang, Senin malam (16/10/2023).
Berdasarkan naskah berita acara, diketahui alokasi hibah yang diserahkan oleh Pemerintah Kota Padang ke KPU Kota Padang sebanyak Rp 46 miliar, dan untuk Bawaslu Kota Padang sebanyak Rp sebanyak Rp 10,7 miliar.
Dalam sambutannya, Wako Hendri Septa mengatakan, penandatanganan NPHD ini merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Kota Padang bersama KPU dan Bawaslu untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada tahun 2024 mendatang.
“Atas nama Pemerintah Kota Padang kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan dukungan dari KPU dan Bawaslu Kota Padang sehingga kita memulai lebih awal dari kabupaten/kota lainnya di Sumatera Barat tentang penandatangan NPHD. Ini melihatkan keseriusan kita kepada masyarakat bawah Kota Padang siap untuk penyelenggaraan Pilkada untuk tahun 2024,” ucap Wako.
Wako Hendri Septa menambahkan, ke depan Pemerintah Kota tentunya membutuhkan dukungan dan sinergi dari KPU dan Bawaslu Kota Padang bagaimana menyukseskan penyelenggaraan Pilkada dan Pemilu di tahun 2024 mendatang, terutama meningkatkan partisipasi pemilih untuk ikut mencoblos.
“Kami Pemerintah sangat berharap kerjasama dan dukungan dari Bawaslu dan KPU menyongsong Pemilu tanggal 14 Februari 2024 mendatang bagaimana kita bisa meningkatkan minat dari masyarakat untuk menggunakan hak suaranya karena hingga saat ini angka Golput masih tinggi,” pungkas Wako Hendri Septa.
Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Padang Eris Nanda mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kota Padang dengan proses yang tidak begitu lama sehingga naskah perjanjian NPHD ini dapat ditandatangani.
“Kita apresiasi karena dari 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat, Kota Padang yang pertama kali melakukan penandatangan naskah dana hibah Pemerintah Daerah ini,” ucapnya.
Senada dengan itu, Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra juga mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Padang Hendri Septa atas dukungan dan layanan yang diberikan sehingga penandatanganan naskah dana hibah Pilkada tahun 2024 dapat terlaksana.
“Insya Allah kalau sesuai rencana, secara de jure hari pemungutan suara Pilkada itu masih belum berubah, masih 27 November 2024. Tapi ada rencana akan dimajukan dua bulan, dari November menjadi September. Tapi ini masih menunggu,” ucap Ketua KPU Kota Padang itu.
Turut hadir mendampingi Wako, Sekretaris Daerah Kota Andree Algamar, Kepala BPKAD Raju Minropa, Kakan Kesbangpol Tarmizi Ismail. Juga hadir sejumlah Pengurus Bawaslu dan KPU Kota Padang. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini