Kabut Asap Masih Melanda, Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

0
1161
Metro Padang | Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan terhadap kabut asap
akhir-akhir ini, Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan mengintensifkan kegiatan penyuluhan kepada masyarakat.
Kepala Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Idris, SKM, Rabu (11/10) mengatakan, hingga kini kabut asap masih terjadi di daerah ini, dan perlu diwaspadai. Hal ini disebabkan oleh Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).
“Sementara keadaan musim sedang kemarau mengakibatkan kegagalan udara. Inilah yang berdampak pada kesehatan masyarakat, khususnya wilayah kerja Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan,” ungkapnya.
Dikatakan lebih lanjut, beberapa gejala yang ditimbulkan akibat kabut asap diantaranya adalah pilek, batuk, sesak napas, demam, iritasi mata hingga iritasi kulit dan lainnya.
Oleh karena itu, untuk mengurangi dampak terhadap kesehatan masyarakat dilakukan antisipasi dan dan kesiapsiagaan Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan mengimbau dengan penyuluhan keliling tentang Edaran Bupati Pesisir Selatan tentang Kewaspadaan Kabut Asap, jelasnya.
Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan, dr.Syahrizal Antoni mengapresiasi Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan yang melakukan penyuluhan tentang bahaya dan pencegahan kabut asap kepada masyarakat.
Dalam hal ini, upaya yang harus dilakukan selama kabut asap melanda yaitu
kurangnya aktivitas di luar rumah / beraktifitaslah di dalam ruangan. Jika harus
keluar rumah gunakan masker dan pakaian lengan panjang.
Perbanyak minum air putih, konsumsi buah dan sayuran. Kurangi membuka pintu dan jendela. Datanglah ke fasilitas kesehatan (Puskesmas / Rumah Sakit) jika terjadi gangguan kesehatan. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini