Departemen Biologi UNP Laksanakan Kegiatan Peduli Lingkungan Kepada Masyarakat Nagari Koto Baru Padang Sagu Padang Pariaman

0
1043
Metro Padang | Departemen Biologi, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Padang (UNP) bersama Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) dan Panitia mengadakan kegiatan Sadar Lingkungan (DARLING) kepada masyarakat di Nagari Koto Baru, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman pada Jumat (20/10/2023) hingga Minggu (22/10/2023).
Kegiatan ini berupa kegiatan pengabdian yang merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa untuk mengaplikasikan salah satu Tridarma perguruan tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat. Adapun kegiatan pengabdianya diantaranya:
Reboisasi dan Food Security
Kegiatan ini berupa pembagian bibit kepada masyarakat dan penanaman bibit di sekitar lokasi pengabdian. Jumlah bibit yang dibagikan sekitar 400 bibit dan jumlah bibit yang ditanam sekitar 100 bibit. Kegiatan
ini bertujuan agar masyarakat dapat meningkatkan produktivitas tanaman lokal, memanfaatkan fungsi lahan dengan benar, menjaga keseimbangan ekosistem, dan dapat menjadi sumber penghasilan. Jenis bibit yang tersedia yaitu : pinang, durian, salam, nangka, matoa, jengkol, dan petai.
 Gerakan Desa Bersih
Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman bagi semua orang. Tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa, kegiatan ini juga dibersamai oleh masyarakat sekitar.
Sosialisasi Eco-Enzyme
Kegiatan berupa penyuluhan mengenai Eco-enzyme agar masyarakat dapat mengoptimalkan pemanfaatan sampah organik dan mengolahnya menjadi cairan multiguna rumah tangga dan lingkungan. Pembuatan Eco-enzyme juga dapat membantu menangani permasalahan sampah seperti bau tidak sedap dan peledakan sampah.
 Sosialisasi Nata de Coco
Kegiatan ini dilakukan karena banyaknya sumber bahan baku yang tersedia. Sosialisasi pembuatan nata de coco bertujuan agar masyarakat dapat memanfaatkan sumber daya alam menjadi produk yang lezat dan bergizi serta dapat menjadi ladang usaha masyarakat sekitar.
Pengabdian di Sekolah Dasar
Pengabdian dilakukan di salah satu Sekolah Dasar terdekat dengan lokasi pengabdian. Terdapat 4 jenis kegiatan yang dilakuan yaitu : a) Sosialiasi pembuatan ecobrick, yang bertujuan untuk mengedukasi siswa dan siswi dalam mengatasi masalah sampah plastik dengan cara menciptakan solusi kreatif untuk mendaur ulang plastik yang sulit terurai. b) Praktikum sederhana yang bertujuan untuk memperlihatkan ilmu sains yang menyenangkan kepada siswa dan siswi. c) Aku dimasa depan, yang bertujuan untuk mengenalkan cita-cita kepada siswa siswi.  d) Penyuluhan perilaku menyimpang, dimana kegiatan ini dilakukan oleh dosen biologi yang bertujuan untuk sharing informasi kepada guru dan wali murid mengenai pencegahan perilaku menyimpang di lingkungan sekolah.
 Barcode Permakultur Sederhana
Tumbuhan yang ditanam berupa tanaman obat keluarga (TOGA). Tujuan pemasangan label tanaman berbasis QR Code ini adalah sebagai panduan informasi bagi Masyarakat yang ingin mengetahui identitas tanaman obat yang ditanam. Informasi tanaman tersebut dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat, mulai dari nama ilmiah, klasifikasi, deskripsi dan manfaat tanaman.
Cek gula darah dan golongan darah
Kegiatan ini bertujuan sebagai penyuluhan dan perubahan gaya hidup kepada masyarakat serta untuk mendeteksi dini diabetes, dan pencegahan komplikasi kepada masyarakat. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini