Walikota Padang Hadiri Raker Bahas Inventarisasi Materi Pertimbangan DPD RI Terhadap RUU APBN 2024

0
997
Metro Padang  – Wali Kota Padang Hendri Septa menghadiri Rapat Kerja (Raker) Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) di Auditorium Istana Gubernur Sumbar, Selasa (29/8/2023).
Kunjungan Komite IV DPD RI itu pun disambut Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumbar Hansastri didampingi sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Sumbar.
Banyak hal penting yang dibahas dan sekaligus memberikan catatan bagi kita di Pemko Padang dalam pengoptimalan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di Kota Padang ke depan. Termasuk upaya dukungan dana dari Pusat ke daerah,” ucap Wali Kota di kesempatan itu.
Wako Padang juga mengungkapkan pada tahun 2022 Kota Padang mengalami kenaikan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp100 miliar lebih. Yaitunya dari Rp500 miliar lebih menjadi Rp612,8 miliar.
“Insya Allah pada tahun 2023 ini kita akan tingkatkan lagi,” ujarnya.
Sementara itu dalam paparannya, Wakil Ketua I Komite IV, Elviana menyebutkan kunjungan kerja ke Sumbar kali ini untuk menghimpun dan menginventarisir Materi Penyusunan Pertimbangan DPD RI terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran (TA) 2024.
Upaya inventarisasi ini turut melibatkan Pemko Padang dan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman serta DJPb Sumbar.
“Agenda rapat ini bentuk pelaksanaan fungsi DPD RI dalam memberikan pertimbangan kepada DPR RI terkait RUU APBN 2024. Tujuannya tentu untuk mempercepat transformasi ekonomi, karena transfer ke daerah juga diharapkan mendukung transformasi ekonomi berkelanjutan ke depannya,” ucap Elviana.
Sekdaprov Sumbar Hansastri mewakil Gubernur Sumbar juga mengatakan, melalui rapat kerja ini diharapkan akan melahirkan beberapa rekomendasi agar APBN tahun 2024 lebih maksimal mengakomodir aspirasi daerah.
Sebagaimana diketahui, Komite IV DPD RI membidangi APBN, pajak dan pungutan lain, perimbangan keuangan pusat dan daerah serta lembaga keuangan dan perbankan. Kemudian di bidang koperasi, UMKM, statistik, BUMN, investasi hingga penanaman modal.
“Untuk itu, melalui pertemuan ini kita dapat menitip pesan ke Pemerintah Pusat lewat DPD RI terkait aspirasi daerah, khususnya TKD,” tukasnya.
Adapun dalam pertemuan itu terlihat hadir Koordinator Tim Leonardy Harmainy Datuak Bandaro Basa, Wakil Ketua I Komite IV Elviana dan Wakil Ketua II Komite IV Novita Anakotta.
Anggota DPD RI Komite IV lainnya yang hadir antara lain Faisal Amri, Edwin Pratama Putra, Riri Damayanti, Jihan Nurlela, Alexander Fansiscus, Dharma Setiawan serta TB M. Ali Ridho Azhari.
Kemudian Achmad Sukisman, Yustina Ismiati, Hilda Manafe, Gusti Farid Hasan Aman serta Maya Rumantir, Amirul Tamim dan Ikbal Djabit hingga M. Sanusi. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini