Anggota DPR RI Komisi IX, dr. Suir Syam, Anggota DPR RI Komisi IX Masyarakat Sumbar Harus Sehat

0
411
iklan

Metro Padang.com – Anggota DPR RI Komisi IX, dr.  H. Suir Syam, MKes, MMR lakukan diskusi dengan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Media Online Sumbar (MOI) Sumbar di Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat, Sabtu siang (24/6/23).

Diskusi ini dihadiri oleh Komisioner  Bawaslu Sumbar bidang Partisipasi , Pencegahan dan hubungan masyarakat M.Khadafi dan dr Muda  Cerint Iralloza Tasya  calon DPD RI  Sumbar yang  termuda.

Pada kesempatan  ini  dr. Suir Syam mengatakan ” Indonesia telah  berhasil keluar dari wabah Pandemi Covid-19 .

Usai Covid 19 penanganan kesehatan di Indonesia masih belum maksimal  terutama pada persoalan obat- obatan yang sampai saat ini  masih di impor  dari luar negeri”, ungkap . Suir Syam, apalagi masalah dokter yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk.

“Untuk tenaga medis Indonesia masih jauh kekurangan dari negara lain, Indonesia merupakan Negara  yang kekurangan tenaga medis nomor 2 (dua) di ASEAN”, Ujarnya.

Sedangkan untuk di Indonesia tenaga medis 90% menumpuk didaerah  Pulau Jawa. sedangkan di daerah pelosok seperti Papua dan daerah lainnya masih banyak kekurangan dokter dan tenaga medis.

Saat ini kami dari Komisi IX Sedang berusaha untuk membuat RUU untuk kesehatan. Sehingga dengan adanya RUU ini bisa meningkatkan  kapasitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan bisa mempermudah tenaga medis dalam menjalankan tugasnya.

Disisi lain dokter muda  Cerint Iralloza Tasya  calon DPD RI asal  Sumbar  , yang juga putri kelahiran  Kabupaten Pesisir Selatan  mengatakan angka  stunting dimasyarakat masih tinggi  semuanya ini disebabkan berbagai faktor, terutama faktor pendidikan ,kesehatan, kurangnya pengetahuan ibu  tentang gizi dan juga disebabkan faktor ekonomi ungkap Cerint.

Cerint  menjelaskan tingginya angka stunting  di Indonesia  disebabkan faktor yang beragam yang saling berkaitan, seperti faktor pendidikan yang minim , dan faktor ekonomi juga sangat dominan .

Lebih lanjut Cerint mengatakan , gejala stunting pada anak  terlihat pada pertumbuhan tulang pada anak sangat lambat  tertunda, dan berat badan tidak sesuai dengan usianya, yang disebabkan  pasokan gizi pada  anak tidak mencukupi.

Angka  Stunting di Indonesia yang cukup tinggi  harus diatasi karena sangat berpengaruh terhadap kemajuan  bangsa Indonesia  kedepan, karena  apabila  masyarakat sehat akan  berpengaruh terhadap kemajuan bangsa dan Negara .

Disisi lain Ketua MOI Sumbar Anul Zufri SH, MH sebagai Pelaksana forum diskusi dengan Anggota DPR RI Komisi IX, dr. Suir Syam, & Cerint Iralloza Tasya dan Komisioner  Bawaslu Sumbar berharap  kegiatan diskusi ini dapat bermanfaat  serta  dilanjutkan dengan kegiatan lain  dari  DPW MOI Sumbar kedepannya  berusaha menghadirkan nara sumber  dari Menteri   Kabinet .(Nofal)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini