Metro Padang | Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menerima kunjungan MAN 2 Kota Padang Panjang Provinsi Sumatera Barat. Acara dilaksanakan di Gedung J Kampus III Sungai Bangek UIN Imam Bonjol Padang, Selasa (21/02/2023).

Kedatangan 150 orang Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Padang Panjang ini didampingi oleh Kepala Tata Usaha Bapak Husnul Basir, SE beserta beberapa orang majlis Guru.

Rombongan disambut langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Welhendri Azwar, S.Ag., M.Si., Ph.D.

Turut hadir Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Firdaus, M.Ag, dan Koordinator Kerja Sama, Kelembagaan, Humas Drs. Mardius M., MM., beserta tim Humas dan Protokoler serta Akama UIN IB Padang.

Kepala Tata Usaha MAN 2 Kota Padang Panjang menyampaikan maksud kedatangan untuk memperkenalkan dan mengetahui informasi langsung tentang Kampus UIN IB Padang terutama yang berkenaan dengan program penerimaan mahasiswa baru untuk tahun 2023.

Beliau berharap dengan membawa langsung siswa ke kampus akan memberikan motivasi dan minat siswa dalam memilih perguruan tinggi dan jurusan nantinya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama yang juga Alumni dari MAN 2 Kota Padang Panjang mewakili rektor menyambut baik kedatangan rombongan.

Beliau memaparkan dan memperkenal fakultas dan program studi yang sudah ada seperti; Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTIK), Fakultas Syariah (FS) Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Fakultas Sain dan Tekhnologi (Saintek), beserta prodi-prodi yang ada di masing-masing fakultas tersebut. Beliau juga berharap mudah-mudahan siswa-siswa MAN 2 Kota Padang Panjang banyak yang berminat untuk kuliah di UIN IB Padang.

“ Kami berharap semoga seluruh siswa yang datang berkunjung ini akan mengambil UIN IB Padang sebagai pilihan tempat melanjutkan studinya” harapnya.
“MAN 2 Kota Padang Panjang adalah salah satu madrasah yang siswanya mempunyai peminat terbanyak yang kuliah di UIN IB Padang.” Imbuhnya.

Kemudian Beliau menyampaikan tentang sistem perkuliahan di UIN Imam Bonjol Padang termasuk beasiswa yang dapat diterima oleh mahasiswa. Kampus UIN IB ada 3 yang pertama; Kampus 1 di Jalan Sudirman Program S3 (Dr), S2 (MA), Kampus 2 Jl.Prof.Mahmud Yunus Lubuk Lintah untuk Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, dan Kampus 3 di Sungai Bangek untuk fakultas lainnya.
Adapun beasiswa yang bisa diterima oleh mahasiswa adalah Kartu Indonesia Pintar (KIP), Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Tahfizul Qur’an, Prodi Keislaman, Bank Indonesia, Bank Syariah Indonesia(BSI), Indonesia Cerdas BRI, dan lainnya.
Ia mengatakan yang paling sangat penting adalah “bagaimana menumbuhkan mindset dan kepercayaan diri, memikirkan untuk meyakinkan diri melihat perguruan tinggi dari diri sendiri, lalu bagaimana orang tidak bisa dan anda bisa, bagaimana orang bisa, dan anda juga bisa”.
Ini maknanya cukup dalam, sekalipun kuliah di atas langit, tapi kalau tidak bisa mindset diri tidak akan punya arti apa-apa, begitu tuturnya lengkap.
Terakhir acara dilengkapi dengan tanya jawab seputar informasi dan perkuliahan di UIN IB serta pertukaran cendra mata dari kedua belah pihak. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini