Mensos RI, Tri Rismaharini Kunjungi Lokasi Bencana di Pesisir Selatan

0
2390

Pesisir Selatan, metropadang.com
Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini mengunjungi Kabupaten Pesisir Selatan, (Kamis 14/03/24) guna melihat secara langsung kondisi pasca bencana banjir dan tanah longsor yang melanda daerah ini.

Kedatangan Mensos RI, Tri Rismaharini disambut Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar bersama Kapolres AKBP, Nurhadiyansah, Forkopimda, kepala perangkat daerah di Painan.

Salah satu lokasi bencana yang ditinjau Mensos adalah Nagari Bungo Pasang, Kecamatan IV Jurai yang merupakan daerah terparah dilanda bencana banjir yang terjadi pada, Kamis (7/3) lalu. 

Di daerah itu cukup banyak infrastruktur yang rusak seperti, rumah, jembatan, jalan, kawasan pertanian, perkebunan dan lainnya. Banjir memicu tingginya air Batang Salido meluap dan merusak sejumlah infrastruktur lainnya.

Musibah itu tidak hanya menelan kerugian materil yang tidak sedikit, tetapi juga merenggut sejumlah korban jiwa. Selain itu sejumlah ruas jalan dan jembatan putus, sehingga masyarakat terlindungi. 

“Saya minta pemerintah daerah dan unsur terkait lainnya melaksanakan masa tanggap darurat bencana alam banjir dan tanah longsor secara maksimal. Kemudian optimalkan dapur-dapur umum guna melayani korban bencana alam di lapangan,” pintanya.

Selain itu, Tri Rismaharini juga meminta Dinas Sosial dan jajaran serta Tagana melaksanakan tugas dan fungsi secara maksimal di lapangan. Penanganan bencana harus dilakukan secara cepat dan terkoordinir dengan baik.

“Kita berharap korban bencana alam banjir dan tanah longsor di Kabupaten Pesisir Selatan sabar menjalani ujian ini. Semoga korban bisa kuat dan bangkit guna melanjutkan kehidupan yang lebih baik di masa depan,” harapnya. 

Sementara itu Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar menyampaikan terima kasih kepada Mensos RI, Tri Rismaharini yang telah datang langsung ke Pesisir Selatan untuk melihat kondisi bencana alam yang terjadi di daerah ini. 

Menurutnya, saat ini para korban sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah dan pihak terkait lainnya. Cukup banyak masyarakat yang kehilangan tempat tinggal akibat bencana tersebut. “Iya, selain kerugian materiil, bencana tersebut juga menimbulkan korban jiwa. “Pemerintah daerah bersama pemangku kepentingan terus melakukan penanganan bencana,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, dan Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi juga telah melakukan kunjungan ke lokasi bencana alam banjir dan tanah longsor di Kabupaten Pesisir Selatan. (MP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini