iklan
Kota Padang – metropadang.com | Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah menyatakan bahwa segenap persiapan telah dilakukan untuk menyukseskan rangkaian kegiatan dalam peringatan HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-74 dan HUT Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlimas) ke-62 tingkat Nasional di Kota Padang. Termasuk pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang berlangsung hari ini, Sabtu (02/03/2024).
Kesiapan itu disampaikan Gubernur Mahyeldi saat jamuan makan malam untuk Plh. Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kemendagri Amran dan Direktur Satpol PP Linmas Bernhard Rondonuwu di Rumah Makan Pauh Piaman, Padang, Jumat (1/3/2024).
Dalam kesempatan itu, Gubernur didampingi Kepala Satpol PP Sumbar, Irwan dan Kepala Biro Adpim Setda Sumbar Mursalim.
“Secara teknis kami sudah siap sebagai tuan rumah penyelenggara HUT Satpol PP dan Satlinmas Tingkat Nasional. Karena acara ini merupakan yamg pertama kali diselenggarakan di Sumbar, maka semua persiapan memang kami maksimalkan,” ucap Gubernur Mahyeldi.
Dalam jamuan tersebut, Plh. Dirjen Bina Adwil Kemendagri, Amran, menyampaikan apresiasi pemerintah pusat kepada Pemprov Sumbar, yang telah bekerja keras mempersiapkan rangkaian kegiatan HUT Satpol PP ke-74 dan HUT Satlimas ke-62 tingkat Nasional di Kota Padang.
“Mudah-mudahan ini akan menjadi perayaan HUT yang terbaik, dan semoga ke depan Sumbar semakin sering dipilih menjadi tuan rumah iven Nasional lainnya,” ujar Amran.
Dalam kesempatan itu, Amran juga mengingatkan, bahwa topik seputar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan jadi fokus dalam Rakornas, sebab tidak lama lagi Pilkada akan berlangsung serentak, yaitu pada 27 November 2024 mendatang.
“Segenap jajaran Satpol PP dan anggota Satlinmas diminta untuk ikut menjaga dan memelihara kondusivitas, serta menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik dengan instansi Iainnya,” ucap Amran.

Amran juga menyampaikan, bahwa tahapan Pemilu sangat penting dijaga keamanannya oleh jajaran Satpol PP dan Satlinmas di daerah. Untuk menyikapi situasi dan kondisi yang mungkin terjadi tersebut, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, aparat Satpol PP dan Satlinmas di daerah harus dapat menyiapkan diri sejak dini.

“Satpol PP harus siapsiaga dalam menjaga ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta perlindungan masyarakat di daerah masing-masing,” jelasnya. (adpsb/nov)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini