Pemilu 2024, Bawaslu Koordinasi Dengan Pemerintah Nagari

0
125

Metro Padang | Guna memaksimalkan peran masyarakat dalam pengawasan Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah nagari yang ada di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan.

Terkait hal itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan Erman Wadison didampingi Anggota Bawaslu, Syafrijal Chan serta Kepala Sekretariat, Rinaldi melakukan koordinasi dengan Walinagari Kapuh, Zurmanto, Rabu (18/1) di kantor walinagari setempat.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan, Erman Wadison mengatakan, kunjungan yang dilakukan tersebut agar nantinya ada Kampung Pengawasan Pemilu sebagaimana yang  telah ada di beberapa kabupaten/kota lain di Provinsi Sumatera Barat.

Selain itu kata Erman Wadison, Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan meningkatkan pengawasan partisipatif masyarakat dalam pengawasan Pemilu 2024.

Pengawasan partisipatif masyarakat itu adalah masyarakat ikut berperan dalam pengawasan Pemilu. “Jika masyarakat menemukan pelanggaran Pemilu, maka bisa langsung melaporkannya kepada Bawaslu,” katanya.

Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan akan menindaklanjuti setiap laporan yang masuk terkait dengan pelanggaran Pemilu.

“Setiap laporan  harus berdasarkan bukti dan fakta. kajian secara mendalam, maka Bawaslu memutuskan perkara pelanggaran Pemilu tersebut sesuai peraturan yang berlaku,” jelasnya.

Ia juga  mengimbau masyarakat turut mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024 agar dapat berjalan sesuai regulasi yang ada.

kepada penyelenggara, peserta Pemilu dan pihak terkait lainnya agar mematuhi semua aturan, dan hindari pelanggaran.

Pencegahan agar tidak terjadi pelanggaran dengan melakukan sosialisasi kepada berbagai unsur yang ada di daerah ini.

“Hal itu juga menjadi tugas Bawaslu beserta jajaran. Kita terus mengimbau semua pihak agar tidak melanggar aturan Pemilu 2024,” ingat Erman Wadison.

Hal itu sangat penting, sehingga Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan pemimpin yang betul-betul memperjuangan kepentingan rakyat.

“Kami berharap Pemilu 2024 sukses, tentu butuh dukungan dari seluruh elemen yang ada. Kami dari pemerintah nagari siap mensukseskan Pemilu 2024 mendatang, dan akan berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu,” katanya. (mp)

moris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini