Sidang Promosi Doktor di Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia

0
559
Sekolah Pascasarjana melakukan Sidang Promosi Doktor dengan Promovendus Eko Purnomo, S.Or., M.Pd., M.I.Kom. (Dosen Departemen Kepelatihan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang).
Pada ujian tersebut dihadiri oleh Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan SPs UPI (Dr. Eng. Agus Setiawan, M.Si.), Ketua Program Studi S2 dan S3 sekaligus Promotor (Prof. Dr. H. Amung Ma’mun, M.Pd.), Ko Promotor (Prof. Dr. H. Nurlan Kusmaedi, M.Pd.), Anggota Promotor (Prof. Dr. Yudy Hendrayana, M.Kes.) serta turut hadir pula Penguji Internal (Prof. Dr. Nina Sutresna, M.Pd.) dan juga Penguji Eksternal yang merupakan ketua LPPM Universitas Negeri Padang (Prof. Dr. Anton Komaini, M.Pd.).
Ujian Promosi Doktor dilakukan dengan sangat hikmat serta berlangsung selama 2 jam (10.00-12.00 WIB). Promovendus menyampaikan hasil paparannya berkaitan dengan olahraga sebagai salah satu cara dalam mengembangkan nilai-nilai sosial. “Dibanyak negara maju di dunia olahraga tidak hanya terfokus kepada Sport-sport Outcome melainkan sudah bergeser paradigma menuju Development Societal Outcome.
Sport-sport Outcome yang artinya olahraga hanya berorientasi pada hasil saja (seperti prestasi), akan tetapi Development Societal Outcome merupakan pengembangan dan akan memiliki dampak yang begitu besar daripada sebelumnya. Olahraga yang dilakukan akan mampu mengembangkan banyak aspek (tidak hanya prestasi) tapi juga lebih banyak pada pengembangan nilai-nilai kehidupan” Ucap Promovendus.
Kemudian yang menarik ada kesepahaman seperti yang dijelaskan penguji eksternal “Ketika konsep olahraga hanya dinikmati oleh segelinter orang saja (karena orientasinya prestasi) maka olahraga tidak dianggap sebagai sebuah sesuatu yang penting dalam kehidupan” Prof. Dr. Anton Komaini, M.Pd. Lebih lanjut Promotor juga menambahkan “Olahraga dikatakan sebagai Non Pelayanan Dasar saat ini melalui Permendagri No. 56 tahun 2019.
Jika dikatakan demikian maka olahraga tidak memiliki sebuah urgensi atau kebermanfaatan bagi khalayak orang banyak. Olahraga yang seharusnya memiliki dampak kesehatan, kebugaran, pengembangan nilai-nilai dapat menduduki tempat yang strategis sebagai pelayanan dasar bagi masyarakat luas” Ucap Prof. Dr. H. Amung Ma’mun, M.Pd.
Dalam kesempatan tersebut diucapkan terimakasih kepada Rektor Universitas Negeri Padang (Prof. Ganefri, Ph.D.) yang telah memberikan izin selama pelaksanaan pendidikan dan juga bantuan pendidikan selama menempuh studi S3. Pada ujian promosi tersebut juga hadir Wakil Dekan 1 FIK UNP (Dr. Padli, M.Pd.) dan juga Kepala Departemen Kepelatihan (Dr. Masrun, M.Kes.), Prof Dr. Eddy Marheni, M.Pd., serta Dosen FIK yang sedang menempuh studi S3 di UPI (Sefri Hardiansyah, S.Pd., M.Pd. dan juga Windo Wiria Dinata, M.Pd.).
(pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini