Rapat Persiapan Penyusunan Rencana Aksi Daerah Kabupaten Layak Anak (RAD KLA) Kabupaten Pesisir Selatan 2023

0
1141
Metro Padang | Rapat persiapan Penyusunan Rencana Aksi Daerah Kabupaten Layak Anak (RAD KLA) Rapat ini dihadiri oleh beberapa OPD yang ada di pesisir selatan seperti : Dinas Komunikasi dan Informatika Pesisir Selatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Kemenag, Dinsos PPrPa, Disdukcapil, Dinas PuPR, Satpol PP & Damkar,  Dinas Dikbud, Disparpora, Dinas Koperasi dan beberapa OPD lainya. di laksanakan di ruangan rapat BAPEDALITBANG Lantai I, selasa (22/08/2023)
Rapat persiapan penyusunan Rencana Aksi Daerah Kabupaten Layak Anak (RAD KLA) ini dipimpin FADLI AMRA, S.H., M. M selaku Kabid Pemerintahan dan pembangunan manusia BAPEDALITBANG.
Kepala Dinas BAPEDALITBANG diwakili oleh Drs. Adri, M.S.i  selaku Sekretaris memberikan sambutannya, ia berharap gugus tugas dapat melakukan beberapa hal, mulai dari menyusun RAD-KLA sesuai dengan program kerja OPD kemudian mengaplikasikannya sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.
“Selain itu kita berharap dengan implementasi RAD-KLA dapat meningkatkan peringkat penilaian KLA Kabupaten Pesisir Selatan.’’ pungkasnya.
Selanjutnya, Syofianeri Kepala Bidang  Dinsos Prppa menjelaskan Kabupaten Layak Anak (RAD-KLA) berangkat dari amanat pasal 28 B ayat 2 UUD 1945, yang menyebutkan bahwa setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, selain itu dalam pasal 52 ayat (2) undang undang nomor 39 tahun 1999 tentang hak azazi manusia juga disebut bahwa hak anak adalah hak azazi manusia.
“Kabupaten layak anak adalah kabupaten dengan system pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan.’’ terangnya.
Dan dilanjutkan oleh Sekretaris Dinas Kominfo Hasrul Sani S.T, M.Si untuk menyampaikan sarannya Terkait dengan ppersiapan Penyusunan Rencana Aksi Daerah Kabupaten Layak Anak (RAD KLA).
“rencana penyusunan aksi daerah kabupaten layak anak perlu ada rekomendasi terhadap dukungan anggaran , untuk menjadi prioritas daerah dalam rangka peningkatan pencapaain hasil KlA yg lebih baik kedepaanya , krna skrg kita  dalam posisi Madya.” jelasnya.
Dalam rapat pertama penyusunan RAD KLA ini merupakan awal dalam penyusunan rancanagan rencana aksi daerah yang terukur dan dapat di implementasikan oleh masing masing perangkat daerah di kabupaten pesisir selatan nantinya.
Fadli Amra, S.H., M. M Selaku pemimpin rapat mengatakan Untuk tindak lanjut masing masing dalam penyusunan matrik rencana aksi daerah ini akan di adakan rapat lanjutan masing masing klaster untuk mempertajam isian matrik yanga akan dilaksakan oleh perangkat daerah dan untuk meperkuat isi dokumen RAD KLA tersebut. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini