Puskesmas Inderapura Lakukan Sosialisasi Gerakan Cegah Stunting

0
1217
Metro Padang | Puskesmas Inderapura melakukan kegiatan pergerakan cegah stunting yang dilaksanakan di Kantor Camat Pancung Soal, Jumat (11/8).
Kegiatan itu dihadiri Kasi Promosi Kesehatan beserta TIm, Camat Pancung Soal, Aflizen, Kepala Puskesmas Inderapura , drg. Indri Novarina, Polsek serta Korlab KB.
Acara itu dibuka oleh Camat Pancung Soal, Aflizen , S. Sos. Sedangkan kegiatan sosialisasi dan pergerakan cegah stunting disampaikan  oleh Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Pejabat Fungsional Adminkes Seksi Promosi Kesehatan, Emmi Fauzianti , SKM dan dilanjutkan oleh Indrayani, SKM selaku Pengelola Penggerak Peran Masyarakat.
Pejabat Fungsional Adminkes Seksi Promosi Kesehatan, Emmi Fauzianti mengatakan bahwa untuk mencegah stunting  dengan PASAN MANDE yaitu dengan cara  pastikan remaja putri bebas anemia dan berprilaku hidup sehat
Ajak calon penganten memeriksakan kesehatannya. Setiap ibu hamil mendapat layanan kesehatan yang berkualitas. Amankan bayi baru lahir dengan layanan sesuai standar
Naikkan status gizi serta kesehatan bayi dan balita. Mengkonsumsi pangan yang bergizi beragam dan berimbang 7. Akses air minum yang berkualitas. Nagari stop buang air besar sembarangan. Dorong keluarga mengikuti program jaminan kesehatan. Edukasi dan promosi kesehatan kunci keberhasilan.
Sementara itu Kepala Puskesmas Inderapura , drg. Indri Novarina mengatakan, stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak.
Penyebab stunting adalah kurangnya asupan gizi yang diperoleh oleh balita sejak awal masa emas kehidupan pertama, dimulai dari dalam kandungan (9 bulan 10 hari) sampai dengan usia dua tahun (1000 HPK) Stunting akan terlihat pada anak saat menginjak usia dua tahun, yang mana tinggi rata-rata anak kurang dari anak seusianya.
“Harapan kita semua dengan adanya gerakan cegah stunting dengan PASAN MANDE Kabupaten Pesisir Selatan bebas dari Stunting. Acara dilanjutkan dengan pelaksanaan posyandu terintegrasi dan penandatanganan komitmen aksi cegah stunting.  (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini