Metro Padang
Pemerintah kota Payakumbuh melalui bagian Tata Pemerintahan (Tapem) mengadakan rapat persiapan perlombaan Kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022 di Aula Randang lantai 2 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Jumat(10/6).
Kelurahan Nunang Daya Bangun Kecamatan Payakumbuh Barat mewakili kota Payakumbuh untuk ambil andil dalam kepesertaan kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatra Barat tahun 2022.
Rapat dipimpin langsung Wali Kota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakilkan oleh Asisten I bidang pemerintahan dan kesra Dafrul Pasi serta dihadiri oleh Kepala OPD terkait serta tokoh masyarakat Kelurahan Nunang Daya Bangun.
Dalam sambutannya, Asisten I Dafrul Pasi mengatakan untuk menjadi kelurahan terbaik perlu dilakukan berbagai pembenahan dan pembinaan terutama pada aspek pemberian pelayanan.
“Suatu prestasi yang diraih tidak mungkin terlaksana dan berhasil tanpa dukungan dari kita bersama. Kita memerlukan kerjasama dari OPD terkait serta dorongan dari masyarakat untuk bersama-sama melakukan dan melaksanaan pembinaan serta memberikan pelayanan terbaik,” ucapnya.
Dalam mempersiapkan Kelurahan Nunang Daya Bangun di perlombaan tingkat Provinsi Sumatera Barat, yang terpenting adalah bagaimana kerjasama dari OPD Terkait dan masing-masing bidang melakukan pembinaannya. Diharapkan untuk semua elemen masyarakat ikut untuk menjadikan kelurahannya menjadi berprestasi ditingkat Sumatera Barat.
“Untuk itu diharapkan Lurah, jajaran pemerintah serta masyarakat kelurahan setempat betul-betul serius menghadapi penilaian kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat,” imbuhnya.
Senada, Kepala Bagian Pemerintahan Aplimadanar mengatakan diperlukannya komitmen penuh OPD terkait untuk membina kelurahan Nunang Daya Bangun dalam perlombaan tingkat Provinsi pada 21 Juni 2022 mendatang.
“Sesuai pengalaman kita di tahun lalu, lebih baik pembinaan kelurahan dilakukan jauh sebelum diadakannya lomba. Hal ini bertujuan agar OPD terkait cukup waktu dan dapat melakukan pembinaan secara maksimal,” Ujarnya
Dalam waktu yang kurang 1 bulan, semua OPD terkait agar berperan aktif dan tim harus memaksimalkan persiapan. Dan juga ciptakan aplikasi yang tepat sasaran ke masyarakat terang Aplimadanar.
“Jadi, apa saja yang dinilai harus dipersiapkan mulai saat ini. Seperti biasanya ekspos dari Lurah berupa kelengkapan kemasan catatan dalam bentuk laporan, termasuk potensi dan swadaya masyarakat. Semoga melalui rapat ini kita semua saling mendukung, sehingga perlombaan Kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumbar ini dapat kita bina lebih lanjut nantinya untuk perlombaan tingkat Nasional,”pungkasnya
Sementara itu, Lurah Nunang Daya Bangun Ari Ashadi memaparkan bahwa di tahun 2022 ini Kelurahan Nunang Daya Bangun memiliki penguatan kegiatan unggulan diantaranya :
1. Bidang Pemerintahan
a. Yandu Coga
b. G30 H MKT
c. DISANGKO (Diskusi secangkir
kopi)
2. Bidang Kewilayahan
a. Bersinar
b. Konsultasi Hukum Gratis
c. Rencana Menetapkan Kluster
Kelurahan
3. Bidang Kemasyarakatan
a. Mawar Merah
b. Risma (Remaja Mesjid)
c. Sekolah Badminton
Dan lain sebagainya.
Selain inovasi yang telah disebutkan, inovasi yang berkaitan dengan ekonomi, website dan media sosial di kelurahan Nunang Daya Bangun akan dibuat lebih aktif lagi. Ini juga menjadi penilaian utama nantinya,” tutur Ari
Ari juga mengingatkan keterlibatan PKK dalam persiapan lomba sangat diperlukan.
“Kita tingkatkan kolaborasi dan laporan dari PKK, insyaa Allah kita akan menang,” Pungkasnya. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini