Pengelolaan PLTBm di Siberut Dialihkan ke PLN

0
297
Metro Padang – Pengelolaan Pembangkit Listrik Tenaga Biomasa di tiga desa di Siberut kini dialihkan ke PLN dan listrik sudah menyala Kembali sejak Rabu (9/2/2022).
Dua plant berada di Kecamatan Siberut Selatan yaitu Madobag dan Matotonan serta satu plant di Siberut Tengah yakni di Saliguma.
Salah seorang warga Rogdok, Gervasius mengatakan, saat ini mesin PLN yang baru sudah ada di Plant Madobag di Rogdok dan saat ini sedang dalam pembuatan tempat mesin.
“Lampu sudah hidup selama dua hari dengan mesin dari PLN sementara mesin biomasa  tidak digunakan, kita tidak tahu mengapa,” katanya, Kamis (10/2/2022).
Saat ini listrik baru hidup di Dusun Rogdok saja sementara dusun lain di wilayah Desa Madobag seperti Buttui belum hidup karena kabel trafo dicuri, tambah Gervasius.
Hal senada dikatakan Donatus, warga Dusun Madobag lainnya, bahwa lampu di dusunnya hingga Buttui belum hidup. “Kami berharap PLN segera bisa memperbaikinya sebab di Rogdok lampunya sudah hidup,” katanya.
Enos, warga lainnya menambahkan, saat ini warga masih mengandalkan lampu minyak untuk penerangan di malam hari. “Hampir semua kabel trafo di daerah ini mulai dari Kulukubuk hingga Madobag dicuri, kita menyayangkan ini, satu berbuat namun semua warga kena dampaknya,” katanya.
Namun dia bersyukur PLN sudah mengambil alih pengelolaan PLTBm sehingga listrik warga bisa hidup kembali.
Camat Siberut Selatan, Hijon mengatakan sudah mendengar informasi soal pengelolaan PLTBm oleh PLN namun diakuinya hingga kini pihaknya belum mendapatkan informasi secara resmi. (mp)
moris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini