Tangkal HOAX Dengan Pelatihan Jurnalistik Ketua DPRD Padang Berikan Dukungan

0
947
Metro Padang – Pasca menerima surat mandat dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Perusahaan Media Online Indonesia (MOI) untuk pendirian Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perkumpulan Perusahaan Media MOI Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Anul Jufri SH, MH segera membentuk kepengurusan serta telah melakukan audiensi ke berbagai pihak, baik eksekutif, legislatif dan yudikatif.
Dalam audiensinya itu, Anul Jufri memaparkan bahwa ia bersama pengurus MOI Provinsi Sumbar merasa bertanggung jawab menangkal berita bohong (hoax) yang makin banyak beredar di media sosial, dengan melibatkan wartawan media online sebagai ujung tombak melaksanakan tugasnya dengan profesional sesuai kode etik jurnalistik.
Ia mengatakan, hal ini wajib untuk dilakukan MOI Provinsi Sumbar, karena hoax bukanlah produk jurnalistik, namun seringkali dikaitkan dengan pemberitaan, karena itu wartawan media online harus bisa menangkalnya dan memberikan informasi yang benar kepada masyarakat, tentu dengan menjalankan kode etik jurnalistik.
Dikatakan Anul Jufri informasi yang benar juga harus mempertimbangkan manfaat bagi masyarakat, karena produk jurnalistik pada akhirnya harus bisa memberikan kebaikan kepada masyarakat yang membacanya.
“Oleh sebab itu DPW MOI Provinsi Sumbar bertanggung jawab memberikan pemahaman pada masyarakat tentang produk jurnalistik yang bisa dipercaya dan berita bohong atau hoax yang tidak perlu dibaca, atau disebarkan di media sosial,” katanya.
Karena itu, kata Anul, MOI Provinsi Sumbar dalam waktu dekat akan memberikan pelatihan jurnalistik untuk masyarakat, agar masyarakat bisa tercerdaskan dan tidak gampang terprovokasi dengan hoax yang makin “menggila” di media sosial.
“Alhamdulillah saat saya audiensi dengan bapak Syafrial Kani selaku Ketua DPRD Kota Padang, pada Selasa 28 Desember 2021 lalu, beliau sangat merespon langkah tersebut. Bahkan ada sinyal dari beliau akan mengarahkan dana aspirasinya untuk mendukung pelatihan jurnalistik tersebut, dengan tujuan memberikan pencerdasan pada masyarakat,” kata Anul Jufri.
Ia pun berharap langkah yang dilakukan Syafrial Kani selaku Ketua DPRD Kota Padang itu juga dilakukan oleh anggota DPRD Provinsi Sumbar atau DPRD Kabupaten/Kota lainnya, agar upaya menangkal berita hoax melalui pelatihan jurnalistik tersebut dapat dilakukan secara berkesinambungan, dan masyarakat Sumbar tidak akan pernah terpengaruh dengan hoax. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini