Sekda Dharmasraya Lantik Marco Andreas Sebagai Camat Koto Baru

0
865
Metro Padang – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang diwakili oleh Sekda Dharmasraya, Adlisman menghadiri menghadiri acara pengukuhan dan serah terima jabatan Camat Koto Baru, dan pelantikan Ketua TP PKK Kecamatan Koto Baru. Pengukuhan sekaligus serah terima ini dilaksanakan di Gedung Pertemuan Kantor Camat Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat Rabu, (26/01/2022).

Sekda mengucapkan terima kasih atas pengabdian dari Camat lama, Marco Andrias selama bertugas sebagai Camat di Kecamatan Koto Baru. Dan selamat kepada Camat Koto Baru yang baru dilantik dan dikukuhkan, Hasnul Hadi. “Semoga pengabdian saudara bisa memperkaya pengalaman yang akan menjadi bekal di tempat tugas yang baru. Sekaligus menjadi amal kebaikan yang diterima oleh Allah. Dan selamat kepada Camat yang baru dilantik,” sebut Sekda.

Kata Sekda lagi, pergantian atau mutasi sebagai Camat merupakan suatu dinamika alami sebuah organisasi. Sebagai bentuk pembinaan karir pegawaian, serta sebagai sarana penyegaran. Sementara secara pribadi mutasi jabatan ini tentu akan memperkaya pengalaman bertugas, dan bagi instansi kecamatan mutasi ini juga diharapkan dapat menjadi sarana penyegaran suasana di lingkungan kerja.

“Amanah yang diberikan kepada saudara akan dapat terlaksana dengan baik, jika saudara memiliki kompetensi dan integritas diri yang baik. Jabatan yang saudara emban ini merupakan kepercayaan pimpinan terhadap seorang ASN. Dengan berbagai pertimbangan yang matang dan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku,” terang Sekda lagi.

Masih banyak yang harus diperbuat, kita harus terus berkerja keras untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengembangkan berbagai komoditas unggulan untuk mempersembahkan prestasi terbaik demi kemajuan masyarakat. Oleh karena itu, peran Camat sangat penting, bagaimana Camat mampu member masukan ke Bupati maupun perangkat daerahtentang potensi daerahnya. Karena sesungguhnya yang mengetahui segala potensi kecamatan itu adalah Camat.

Untuk itu, peran Camat sangat sentral dan strategis dalam mendorong kemajuan suatu daerah. Hal tersebut dapat dilakukan apabila seorang Camat memahami tugas dan fungsinya sebagai coordinator pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Disamping itu, Camat harus mampu memberdayakan masyarakat dalam setiap program pembangunan. Karena tanpa partisipasi aktif masyarakat pembangunan yang kita laksanakan akan sia-sia.

“Sebagai seorang pimpinan wilayah, saudara tidak hanya dituntut untuk menyelesaikan hal-hal administrasi saja. Tapi Camat juga harus peka dan mampu menyerap berbagai aspirasi masyarakat, serta mampu memberikan solusi dari berbagai permasalahan di masyarakat,” tegas Sekda lagi.

Katanya, Camat adalah pelayan masyarakat, bukan untuk dilayani. Sehingga senantiasa harus berada ditengah-tengah masyarakat. Serta selalu melakukan koordinasi dengan mitra kerja, seperti Polsek, Koramil dan juga para anggota DPRD Kabupaten Dharmasraya dari dapil ini. Selain itu, dalam melaksanakan tugas Camat harus mengedepankan etika moral, kejujuran, keikhlasan dan memiliki rasa tanggung-jawab.

“Saya yakin pengalaman saudara sebelumnya dalam berbagai tugas akan sangat membantu tugas-tugas saudara selanjutnya. Kemudian apabila terdapat permasalahan yang ada di wilayah saudara, apalagi terkait satu degan yang lain maka hendaknya melalui koordinasi yang baik, dan segera lakukan evaluasi pada tingkat bahwa bersama staf,” beber Sekda.

Sekda juga mengharapkan kepada Camat yang baru dilantik agar mampu menciptakan kondisi yang kondusif di Dharmasraya ini. Terutama di Kecamatan Koto Baru ini, yang dimulai dengan menciptakan suasana kerja yang kondusif, dengan mengembangkan sikap dan budaya kerja yang saling asih, saling asah dan saling asuh dengan lingkungan internal dan lingkungan eksternal unit kerjanya.

“Kepada Vovrida saya berpesan agar mendukung kiprah suami dalam menunaikan tugas-tugasnya, serta melanjutkan kiprah tim penggerak PKK kecamatan. Dalam meningkatkan kualitas hidup kaum perempuan di Kecamatan Koto Baru. Pandai-pandailah menempatkan diri di tengah masyarakat, terutama dalam menjaga citra dan wibawa TP PKKKecamatan Koto Baru,” pungkasnya. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini