Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan Dan SDM Hadiri Batagak Penghulu Di Nagari Ampang Pulai

0
946
Metro Padang  – Bupati Pesisir Selatan diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Nuzirwan menghadiri Batagak Penghulu Angku H. Nasra Tasar, menyandang gelar Dt. Bandaro Itam Nan Kayo dalam kaum Caniago di bawah Kerapatan Adat Nagari (KAN) Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan, Senin (6/12).
Setelah prosesi sesuai adat Nagari Ampang Pulai, Angku H. Nasra Tasar, resmi menyandang gelar adat Dt. Bandaro Itam Nan Kayo ditandai pemasangan keris dan penyerahan tongkat dari Ketua KAN Ampang Pulai.
Pada kegiatan ini turut hadir M. Sayuti Dt. Rajo Pangulu, Ketua LKAAM Provinsi Sumatera Barat, Alirman Sori, Anggota DPD RI, dan undangan lainnya.
Nuzirwan mengatakan, niniak mamak memiliki peran strategis dalam menyokong pembangunan daerah di segala sektor. “Jabatan niniak mamak merupakan jabatan yang istimewa, dengan jabatan yang diembannya niniak mamak memiliki ruang yang tidak terbatas dalam menyokong pembangunan,” katanya.
Menurutnya, pembangunan tanpa sokongan niniak mamak akan hambar dan begitu sebaliknya, pembangunan yang mendapat sokongan niniak mamak akan bernilai tinggi bahkan melebihi dari target.
Dalam kesempatan itu, dia juga mengungkap bahwa niniak mamak memiliki peran yang strategis dalam menekan berbagai permasalahan sosial kemasyarakatan seperti perjudian, penyalahgunaan narkoba dan lainnya.
“Niniak mamak tidak memiliki batasan dalam mencegah terjadinya hal-hal tersebut, sehingga keberadaan niniak mamak juga strategis dalam meminimalkannya,” katanya lagi. (pal)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini