Pemda Pesisir Selatan Tandatamgani Komitmen Bersama Satu Data Indonesia

0
471
Metro Padang – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Pesisir Selatan Melakukan Penandatanganan Komitmen Bersama Mewujudkan Satu Data Kabupaten Pesisir Selatan dalam mendukung Satu Data Indonesia yang di canangkan oleh Presiden Jokowi melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu data Indonesia.
Wakil Bupati Rudi Hariansyah Menyampaikan bahwa Kabupaten Pesisir Selatan adalah Kabupeten Memanjang dari utara ke selatan dengan Luas Wilayah 579.495 Ha yang terdiri dari 51,77% Kawasan Hutan Lindung, 10,85% Kawasan Budidaya dan 37,37% Area Penggunaan Lainnya (APL).
Jumlah Penduduk Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2020 sebanyak 514.444 Jiwa menurut data Dinas Dukcapil dan 504.418 Jiwa menurut data BPS.
“Data tentang jumlah penduduk ini sengaja kami sandingkan dari dua sumber data yang berbeda yaitu data Dinas Dukcapil dan BPS,” ucap Wabub Rudi Hariansyah saat memberi sambutan pada Kamis,(30/12/2021) Di Painan Convention Center.
Lanjutnya, Bahwa meskipun elemen datanya sama, didata pada periode yang sama. Kondisi ini adalah salah satu contoh bahwa kita belum memiliki prinsip dan metodologi yang sama dalam melihat sebuah data.
“Berbicara tentang Data, data merupakan Komoditas Strategis dimana penguasa data akan menjadi pihak yang memiliki keunggulan kompetitif. Program apapun pastilah terhubung dengan data, apapun yang dikerjakan pasti kembalinya ke data,” kata Wabub.
Disisi pelayanam Pemerintahan, Data akan menjadi Komoditas utama bagi pemberi layanan jasa. Data yang terintegrasi bermanfaat untuk mendorong kepercayaan publik, meningkatkan nilai sosial dan ekonomi, mendorong adanya Pemerintahan yang partisipatif dan meningkatkan efisiensi biaya.
Kegiatan Satu Data Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi dan pemahaman mengenai pentingnya Satu Data Indonesia dalam mendorong pemerintahan yang terbuka.
Untuk Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik yang terintegrasi dengan Satu Data Indonesia Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan sedang memfinaliasi Aplikasi Basis Data ” Pesisir Selatan Dalam Genggaman”.
“Aplikasi ini dapat diakses seluruh masyarakat melalui Android yang Insya Allah akan kita lounching pada bulan februari 2022,” tutup wabub
Turut Hadir, Kepala BPS Provinsi Sumbar, Sekretaris Daerah, BPS Pesisir Selatan, Staf Ahli Bupati, Asisten lingkup Sekretariat Daerah, Kepala OPD Di Lingkungan pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Camat dan Wali Nagari Se Kabupaten Pesisir Selatan. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini