Gambar. Tampak Depan Kedai
iklan

Nama Anggota Kelompok :

-NOVRIA ANANDA, 21101152610166
– RAYHAN MUHAMMAD, (20101152610381)
-ALAIHIDIN ATHORI (20101152610265)

 

 E-mail:


NOVRIAA573@GMAIL.COM,

RRU090201@GMAIL.COM

alahidinathori26@gmail.com

 

Article History: Proses pembayaran yang dilakukan saat ini di kedai Riski belum memanfaatkan teknologi. Satu-satunya pembayaran yang tersedia adalah uang tunai, sehingga menyulitkan pelanggan yang tidak membawa uang tunai. Oleh karena itu, Kedai Riski memerlukan system dan cara baru yang dapat memberikan pembayaran secara non tunai. Hasil percobaan penelitian menunjukkan bahwa pembayaran elektronik atau non tunai memberikan dampak berupa kenyamanan dan kecepatan dalam bertransaksi ketika memilih sistem pembayaran oleh pelanggan. Perkembangan teknologi informasi menciptakan cara baru dalam berbagai lini kehidupan. Inovasi dalam teknologi ini berdampak pada lingkungan bisnis khususnya perbankan yang membuatnya menjadi sangat dinamis. Semua transaksi yang ada dalam kedai Riski akan semakin mudah dikerjakan dengan adanya komputer. Kedai Riski melakukan segala macam perubahan untuk dapat bersaing dengan semua kompetitor yang ada, termasuk dari sisi teknologi informasi. Semakin berkembang dan kompleksnya fasilitas yang diterapkan kedai untuk kemudahan pelayanan, berarti semakin kompleks dan beragam adopsi teknologi yang dimiliki suatu kedai.

 

Keywords: (teknologi,informasi, sistem, bisnis,kedai)

Penerapan teknologi informasi dalam penjualan bukan perkara sederhana, diperlukan perencanaan jangka panjang dan sistem maintenance agar semua fasilitas teknologi informasi dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak yang signifikan. Melakukan pemantauan teknologi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan orang kedai terus menjaga eksistensinya dalam menghadapi persaingan. Mengembangkan inovasi teknologi dibidang perdagangan membutuhkan sebuah metode pemantauan teknologi yang biasa disebut dengan Pembayaran, E-WALLET,pembayaran QRIS dan Mobile bangking. Metode ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis dalam menghadapi persaingan dan memilih informasi yang dapat, sehingga inovasi yang dilakukan kedai tersebut dapat memberikan nilai tambah terhadap kedai serta menciptakan keterikatan antara pembeli dan penjual.

Kata kunci: Pemanfaatan inovasi teknologi Pembayaran, E-WALLET,pembayaran QRIS dan Mobile bangking.

 

Kata kunci: (teknologi, informasi, E-Wallet, mobile bangking)

 

PENDAHULUAN

Sistem pembayaran adalah suatu proses transaksi keuangan yang melibatkan pertukaran uang atau nilai lain untuk memperoleh barang, jasa atau melunasi kewajiban. Pembayaran dapat dilakukan secara langsung atau melalui platform online. Hampir semua pembayaran tidak lagi menggunakan uang tunai, melainkan menggunakan uang elektronik, dengan perkembangan tersebut penulis mengangkat penelitian mengenai pembayaran uang elektronik dalam bidang pembayaran minuman. Sistem yang digunakan saat ini adalah sistem pembayaran manual, masih menggunakan uang tunai, pembayaran menggunakan QR code, sehingga diharapkan dengan sistem pembayaran ini dapat memudahkan konsumen. Tujuan utama dari sistem kode QR adalah untuk mempermudah pembayaran di masa depan.

 

Perkembangan zaman yang semakin pesat membuat hampir semua industri terhubung dengan teknologi internet. Hal ini merupakan salah satu dampak era globalisasi di tengah perkembangan yang terjadi saat ini. Tidak dapat dipungkiri bahwa era globalisasi terjadi karena pesatnya perkembangan teknologi informasi, salah satunya adalah penerapan teknologi internet. Faktanya, teknologi internet dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam industri perekonomian, salah satunya adalah pemanfaatan teknologi internet pada Kedai Riski.

 

Sistem pembayaran di toko Riski masih menggunakan pembayaran tunai. Tentu saja sistem pembayaran ini dinilai kurang efektif jika dibandingkan dengan pembayaran nontunai. Jika nasabah atau nasabah tidak membawa uang tunai, maka nasabah atau nasabah tersebut harus menarik uangnya terlebih dahulu ke ATM terdekat. Jadi kasir dan pelanggan lainnya harus menunggu pelanggan mengambil uangnya terlebih dahulu.

 

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka diperoleh rumusan masalah sebagai berikut :

 

  1. Bagaimana cara membangun sebuah sistem yang dapat memudahkan dalam melakukan pembayaran?
  2. Apakah sistem yang sudah dibuat sangat efektif dalam proses pembayaran?

 

 

METODE

 

Perencanaan yang dilakukan dalam menentukan sistem yang dibutuhkan antara lain :

  • Identifikasi (Identify)

Melakukan surver, wawancara, dan mengumpulkan data yang diperlukan dalam pembuatansistem.

  • Memahami Kerja Sistem (Understand)

Yaitu memahami bagaimana komponen – komponennya dalam berinteraksi untuk mencapaitujuan dan fungsi utamanya.

 

Perkembangan teknologi yang kian pesat tidak dapat dielakkan. Ibarat dua mata pisau, masyarakat dituntut untuk memilih menyesuaikan dengan arus perkembangan zaman atau tergerus perkembangan zaman. Hampir di seluruh lini kehidupan, perkembangan teknologi mulai terintegrasi dan menjadi suatu kebutuhan. Termasuk dalam halnya dunia perekonomian, yang tidak terlepas dari penggunaan tekonologi mulai dari proses produksi hingga konsumsi masyarakat.

 

Perkembangan teknologi menimbulkan tren atau gaya hidup yang baru pada masyarakat. Kecenderungan untuk mendapatkan segala sesuatu dengan cepat, mudah dan praktis menjadi ciri khas yang tidak dapat dipisahkan dari adanya perkembangan teknologi. Hal ini menuntut dunia perekonomian khususnya untuk dapat menyesuaikan diri dengan tren yang sedang berkembang dan minat masyarakat sebagai konsumen. Menjawab tantangan zaman, mengadakan sosialisasi dan pelatihan mengenai pemanfaatan digital sebagai sarana untuk meningkatkan promosi dan pemasaran melalui media sosial.

 

Ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keahlian dalam menggunakan media sosial sehingga para pelaku UMKM di kedai Riski diharapkan mampu bersaing dengan para pelaku UMKM di era masifnya perkembangan zaman.

 

Sosialisasi yang dilakukan di kedai Riski, dalam program kerja sosialisasi dan dalam kegiatan sosialisasi. Usaha Mikro Kecil Menengah tersebut memaparkan mengenai urgensi dan keuntungan penerapan teknologi dalam penjualan produk UMKM melalui non tunai. Hal ini mengingat hampir semua kalangan di sekitar UPI aktif menggunakan E wallet atau pembayaran non tunai.

 

Pembayaran produk menggunakan E-wallet menjadi suatu langkah yang dinilai efektif dalam rangka meningkatkan nilai beli seluruh kalangan terhadap barang atau produk yang ditawarkan. Kemudahan dalam proses pembayaran menjadi salah satu faktor penting menarik minat konsumen.

 

 

Dalam hal ini, kami memberikan arahan Solusi seputar bagaimana mendaftarkan tempat usaha di Google Maps, bagaimana menggunakan platform Shopee, Instagram, Facebook, WhatsApp, dan platform lainnya untuk berjualan dan memasang iklan. Diakhir sesi dibuka kesempatan diskusi dan tanya jawab dengan para anggota UMKM yang ingin berkonsultasi dan bertanya lebih lanjut seputar penggunaan media sosial untuk berjualan.

 

Dalam sesi wawancara dengan Riski selaku pemilik kedai, beliau menyampaikan ucapan terimakasih atas kegiatan yang diangkatkan mahasiswa UPI. Beliau berharap ilmu yang diberikan dapat diterapkan dan menjadikan UMKM menjadi UMKM yang berkelanjutan. Melihat respon pemilik kedai UMKM yang sangat antusias, harapannya dengan diadakannya sosialisasi Strategi Peningkatan Penjualan Melalui Pemanfaatan Digital, pemilik kedai dapat memanfaatkan ilmu yang didapatkan untuk memajukan UMKM dan bermanfaat di era digital saat ini.

 

Bersama anggota kelompok kami yaitu membantu UMKM tumbuh dan berkembang melaksanakan kegiatan pembayaran dan penjualan produk .

Adapun tujuan dari pemberlakuan pembayaran melalui E Wallet adalah untuk menarik perhatian pembeli, branding, bersaing dengan kompetitor dan meningkatkan keuntungan dan Mendapatkan Calon Pelanggan Baru dan Menyebarkan Informasi.

 

Setiap orang tentu membutuhkan kemudahan untuk pembayaran. Saat ini anak muda dari kalangan mahasiswa pun telah banyak yang mulai menggunakan E Wallet dan Qris sebagai salah satu pembayaran. Promosi yang menarik dapat membuat suatu produk memperoleh atensi bagus dari pasar. Oleh karena itu dapat meningkatkan penjualan.

 

Pada acara bazar tersebut banyak pengunjung yang datang ke stand UMKM Garuri mencicipi minuman teh herbal gaharu berbagai rasa (rasa lemon, melati, sungkai dan strawbery). Disamping itu pengunjung juga banyak bertanya tentang khasiat dan bagaimana cara mendapatkan teh herbal tersebut dan staf UMKM Garuri bersama Tim PKM Garuri menjelaskan kepada pengunjung. UMKM Garuri melalui pendampingan yang dilakukan oleh Tim PKM Unand dan fasilitasi oleh LPPM Unand kedepan akan dapat menjadi UMKM Garuri yang mandiri dan berkembang.

 

 

 

  • Menganalisis Sistem (Analyze)

Proses yang dilakukan dengan memeriksa, mengevaluasi, dan membuat kesimpulan dengan tujuan yaitu memahami suatu fenomena atau situasi yang terjadi

  • Laporan (Report)

Sebuah dokumen yang berisi berbagai macam informasi atau hasil berdasarkan penelitian yangdilaksanakan.

 

  1. Tempat Kegiatan

Penelitian akan dilaksanakan di Kedai Riski untuk melakukan perocabaan terkait pembayaranminuman.

 

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

 

Hasil penelitian kami buat mengenai sistem pembayaran dimplementasikan sebagai berikut :

(1 ) Pelanggan atau kustomer datang untuk membeli minuman diKedai Riski. (2) Pelanggan atau kustomer pergi Kedai Riski.

(3) Pelanggan atau kustomer memilih minuman yang ingin dibeli. (4) Kasir kemudian mencatat pesanan.

  • Kemudian kasirmempersiapkan minuman yang akan
  • Produk yang sudah disiapkan oleh pemilik kedai kemudian diberikan kepada konsumen (7) Kasir memberikan opsi pembayaran dengan metode cash atau non tunai

(8) Pelanggan memilih metode pembayaran secara non tunai dengan menggunakan QR Code. (9) Kasir memberikan kode QR untuk discan oleh pelanggan atau kustomer.

  • Pelanggan melakukan pembayaran dan kasir memberikan bukti pembayaran berupa struk

Proses prosedur pembayaran yang dilakukan memberikan hasil yang cukup signifikan terhadap pelayanan yang diberikan kepada pelanggan atau kustomer. Hasil dari pengujian menunjukkan efisiensi dan efektifitas, menghemat waktu dan biaya, serta memudahkan pelanggan atau kustomer dalam tahapan pembayaran.

KESIMPULAN

 

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa pembayaran secara elektronik atau non tunai memberikan dampak berupa kenyamanan dan kecepatan dalam transaksi pemilihan sistem pembayaran oleh pelanggan atau kustomer. Dengan adanya sistem pembayaran secara non tunai dapat meningkatkan pengalaman pelanggan atau kustomer dalam berbelanja di Kedai riski serta memberikan dampak dalam keberlangsungan bisnis minuman, dan dengan adanya pembayaran elektronik tersebeut dapat membuat waktu lebih sebentar dan tidak perlu menggunakan uang cash karena perkembangan zaman ini.

 

Beberapa keuntungan menggunakan pembayaran dengan QRIS 1.Tidak perlu membawa uang cash

  1. Kemudahan dalam bertransaksi
  2. Meminimalisir kontak sehingga lebih higienis
  3. Meminimalisir penipuan

Oleh karena itu, konsumen juga merasa aman dalam bertransaksi.

 

Manfaat QRIS bagi Merchant

  1. Menyediakan alternatif pembayaran
  2. Transaksi lebih cepat dan efisien
  3. Meminimalisir penipuan

 

 

UCAPAN TERIMA KASIH

Allhamdulillah terima kasih yang tulus untuk semua yang terlibat dalam pembuatan jurnal ini. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan pendahuluan evaluasi dampak teknologi digital dalam peningkatan penjualan Kedai Riski:

 

  1. Terima kasih banyak kepada Riski atas kesediaan Anda untuk diwawancarai dan memberikan informasi yang sangat berharga bagi penelitian

 

  1. Pelanggan Kedai Riski Terima kasih kepada para pelanggan Kedai Riski yang telah meluangkan waktu untuk diwawancarai dan berbagi pengalamannya. Terima kasih juga kepada penulis artikel, studi kasus, dan laporan penelitian yang telah menjadi sumber- sumber informasi yang bermanfaat bagi penelitian ini”. Oleh karena itu, penulis ingin menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada:

 

  1. Bapak Aggy Pramana Gusman, Kom.,M.Kom. selaku dosen mata kuliah Konsep Bisnis Teknologi yang memberikan tugas akhir ini. Terima kasih banyak atas upaya luar biasa yang telah diberikan. Ini adalah pencapaian bersama, dan saya sangat bersyukur memiliki tim yang luar biasa ini. Semoga kita dapat terus bekerja sama dalam proyek- proyek masa depan yang penuh inspirasi.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

https://www.padangtime.com/bantu-umkm-baru-mahasiswa-kkn-unand-adakan-sosialisasi- dan-pelatihan-strategi-peningkatan-pemasaran-melalui-pemanfaatan-digital/17/

https://www.padangtime.com/tim-pkm-universitas-andalas-bantu-usaha-mitra-umkm- garuri-agar-tumbuh-dan-berkemang-jadi-maju/22/

https://metropadang.com/2023/11/tim-pkm-universitas-andalas-lakukan-pendampingan- program-berkelanjutan-membantu-mitra-jerigud-farm-untuk-mengembangkan-usaha-produk- vanili-dan-derivatnya-di-kenagarian-gadut-kecam/

https://metropadang.com/2023/10/tim-pkm-universitas-andalas-melakukan-pendampingan- pemanfaatan-lahan-bukit-kapur-dengan-penanaman-gaharu-diantara-tanaman-vanili-dalam- program-membangun-nagari-di-kanagarian-gadut-tilatang-kamang-a/

https://metropadang.com/2023/10/pelatihan-pengelolaan-homestay-berbasis-website-tim- pengabdi-departemen-akuntansi-unand-bertekad-memajukan-industry-homestay-di-kota- payakumbuh/

https://metropadang.com/2023/06/strategi-peningkatan-perilaku-manajemen-keuangan- syariah-sebagai-upaya-mensukseskan-penerapan-sistem-keuangan-syariah-di-sumatera-barat/

https://metropadang.com/2023/07/budidaya-magot-sebagai-alternatif-pakan-murah/ https://www.padangtime.com/perjuangan-gubernur-mahyeldi-untuk-infrastruktur-sumbar-

berbuah-manis/22/

https://www.padangtime.com/tingkatkan-pelayanan-masyarakat-wali-kota-padang- resmikan-gedung-slrt-dinas-sosial/15/

https://www.padangtime.com/gubernur-sumbar-tunggu-kontribusi-ide-masyarakat-untuk- diadopsi-dalam-penyusunan-rpjpd-sumbar-2025-2045/22/

https://www.padangtime.com/pemuda-hari-ini-untuk-pemimpin-dimasa-depan/17/ https://www.padangtime.com/daur-ulang-sampah-di-sekolah-jadi-karya-bermanfaat/14/ https://www.padangtime.com/tingkatkan-sdm-pemko-pariaman-adakan-pelatihan-guru-

mdta/15/

https://www.padangtime.com/apbd-kota-pariaman-2024-telah-di-sepakati/17/ https://www.padangtime.com/desa-cantik-nasional-tahun-2023-desa-kp-gadang-kota-pariaman-masuk-10-

besar/15/

https://www.padangtime.com/pemko-pariaman-gelar-monev-dan-rekonsiliasi-kepesertaan-pbpu-dan-bp-pbi- bpjs-kesehatan/14/

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini