iklan

MetroPadang.com | Pada wisuda ke 133  Universitas Negeri Padang  mewisuda 2.027 lulusan yang digelar di penghujung tahun 2023 ini. Wisuda 133 ini digelar dalam dua hari, 17-18 Desember 2023 di Gedung Auditorium UNP, Kampus Air Tawar Padang.

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D dalam pidatonya mengucapkan selamat kepada wisudawan atas gelar akademik yang telah diraih sesuai dengan bidang ilmu yang ditempuh.

“Saya atas nama pribadi, sebagai pimpinan dan atas nama seluruh warga Universitas Negeri Padang menyampaikan dengan rasa bahagia dan penghargaan tinggi atas lulusan wisudawan/wisudawati sekaligus mengucapkan selamat atas gelar akademik yang diraih sesuai dengan bidang ilmu yang ditempuh,” kata Prof Ganefri.

Dalam pidatonya yang berjudul ‘Komitmen Perguruan Tinggi dalam Implementasi Permendikbud Nomor 39 Tahun 2021 dalam Pencegahan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi’, Rektor menegaskan perlunya upaya serius dari pihak kampus untuk membatasi pemanfaatan hubungan kuasa yang berpotensi menimbulkan kekerasan seksual di lingkungan kampus.

“Hal ini dapat dicapai melalui penerapan aturan dan kebijakan yang memastikan hubungan antar civitas akademika menjadi lebih setara. Termasuk di dalamnya adalah aturan yang mengatur tempat bimbingan atau proses pembelajaran akademik agar menjadi lebih aman dan transparan,” mengungkapkannya.

Pada wisuda hari pertama ini, Minggu (17/12/2023) berkesempatan memberikan orasi ilmiah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Menko Polhukam) Prof. Mahfud MD, S.H, S.U., M.I.P dengan tema ‘Menanamkan Nilai-nilai Patriotisme untuk Merawat NKRI’.

Mahfud berpesan kepada para wisudawan-wisudawati untuk menjadikan gelar sarjana yang telah diraih sesuai dengan bidang ilmu keahlian masing-masing menjadi pengendali moral.

“Setelah wisuda ini saudara akan membawa selembar kertas yang bernama Ijazah Sarjana, ingatlah bahwa sarjana tanda keahlian di bidang keilmuan tetapi semua sarjana itu belum tentu intelektual namun yang harus saudara ingat bahwa sarjana itu pengendali moral,” paparnya.

Oleh karena itu maka, lanjutnya dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke empat menyebutkan bahwa tujuan dibuatnya negara adan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, bukan mencerdaskan otak manusia karena dalam pendidikan tersebut tidak hanya untuk mencerdaskan otak manusia tetapi juga mengendalikan watak manusia.

“Jadi gunakan ijazah anda untuk menjaga moral,” pesan Guru Besar Bidang Hukum Tata Negara itu.

Pada hari pertama ini, UNP mewisuda sebanyak 1.055 wisudawan dan wisudawati yang terdiri 116 lulusan Sekolah Pascasarjana Program Magister dan Doktoral dari seluruh fakultas. Kemudian dari Fakultas Teknis (FT) 362 lulusan, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) 225, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 217 ​​dan serta Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) 135 lulusan.

Turut hadir pada wisuda hari ini, Ketua dan Sekretaris Majelis Wali Amanat, Ketua dan Sekretaris Senat Akademik Universitas, Wakil Rektor I,II, III dan IV, Dekan dan Wakil Dekan, Direktur dan Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana serta Sekolah Vokasi, Kepala dan Sekretaris Lembaga , Kepala dan Sekretaris Badan, Kepala Biro Selingkungan, kepala dan Sekretaris SPI dan Kepala UPT, Kepala Pusat, Kepala Kantor. Kemudian Kepala dan Sekretaris Departemen, koordinator Program Studi serta Kepala Bagian. (mp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini